alexametrics
24.3 C
Probolinggo
Sunday, 6 December 2020

Kasus Inkracht, Nasich Diberhentikan Tidak Hormat dari ASN

GADINGREJO, Radar Bromo – Ini pelajaran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Pasuruan agar tak pernah berurusan dengan narkoba. Jika tidak, apa yang terjadi pada Abdullah Nasich bisa menimpa mereka.

Pria yang sempat menjadi anggota Satpol PP ini resmi diberhentikan secara tidak hormat atas jerat hukum yang menimpanya.

Kepala Diskominfo Kota Pasuruan Kokoh Arie Hidayat mengungkapkan, Abdullah Nasich sudah resmi diberhentikan sebagai ASN secara tidak hormat sejak 2019 lalu. Pasalnya ia terbukti melakukan salah satu pelanggaran yang bersifat kejahatan luar biasa yaitu tindak pidana narkoba.

“Abdullah Nasich diberhentikan sejak kami menerima bahwa pidana yang menjerat dirinya dinyatakan inkracht. Ia dinyatakan bersalah dan dikenakan pidana selama empat tahun enam bulan. Pemberhentiannya melalu keputusan wali kota,” ungkap Kokoh.

Kokoh menjelaskan, karena Abdullah Nasich diberhentikan secara tidak hormat, maka ia tidak menerima pensiun sebagai PNS. Meski demikian, hak-haknya akan diurus oleh pemkot. Sehingga tidak ada satupun hak yang tidak diterima. Seperti tabungan dan asuransi pegawai negeri (Taspen) miliknya.

Ia mengakui, jika Abdullah Nasich sempat menyampaikan pengajuan kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA) beberapa waktu lalu. Salinan putusan yang diterima oleh Pemkot, Abdullah Nasich dikenakan pidana yang lebih rendah dari putusan sebelumnya, yakni dua tahun penjara.

Meski begitu, hal ini tidak serta merta mengubah keputusan yang telah diterbitkan. “Abdullah Nasich tetap diberhentikan tidak hormat. Meski ia sempat mengajukan PK dan PK nya dikabulkan oleh MA. Jika yang bersangkutan tidak bisa menerima keputusan yang telah diterbitkan, maka dapat menempuh jalur pengadilan tata usaha negara (PTUN),” sebut Kokoh. (riz/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Giliran Temukan Pintu Besi Bermotif Bunga di Goa Jepang

Temuan penting kembali didapati tim ekskavasi di Goa Jepang di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

BERITA TERBARU

Stok Garam di Kab Pasuruan Masih Tersisa 2.200 Ton

Sampai awal Desember ini, stok garam hasil produksi petambak garam di Kabupaten Pasuuran belum seluruhnya terserap pasar.

Hewan Ternak Rentan Sakit Ini saat Musim Hujan

Musim hujan yang mengguyur Kabupaten Probolinggo sejak beberapa waktu lalu berpengaruh terhadap kesehatan hewan ternak.

Tekan Covid-19; Disiplin 3M Sama Pentingnya dengan Vaksin

Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan masih menjadi keharusan, meskipun program vaksinasi nantinya telah dijalankan.

Terdampak Pandemi, Pilot pun Nyambi Bisnis Online Shop

pilot maskapai penerbangan nasional ini mengaku, pendapatannya berkurang 30 persen sejak pandemi.

Musim Hujan, Saatnya Mulai Waspadai Demam Berdarah Dengue

Dinkes Kabupaten Probolinggo mengimbau agar masyarakat tak abai terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).