Garong Tetangga, Dua Sekawan asal Satreyan Maron Diamankan Polisi

PAJARAKAN, Radar Bromo – Dua warga Desa Satreyan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, ini harus melewati Lebaran kali ini dari balik jeruji besi. Itu, setelah keduanya terlibat dalam pencurian dengan kekerasan pada tetangganya.

Dua pelaku yang telah dibekuk itu adalah Totok Efendi, 32 dan Indra Jaya, 20. Keduanya diamankan lantaran disangka terlibat pencurian dengan kekerasan Kamis (15/5) sekitar pukul 18.30.

Yang jadi korbannya adalah Maria Adnani. Saat itu korban yang seorang diri di rumahnya duduk santai di depan rumah sembari bermain HP. Tidak lama, Maria mencium bau asap rokok. Padahal, di dalam rumah tidak ada orang.

Kondisi itu pun membuat Maria penasaran. Ia lantas mencari tau asap rokok itu dengan menoleh ke dalam rumahnya. “Saat itulah, salah seorang pelaku langsung menjerat muka korban dengan kerudung. Setelah itu, korban langsung diseret ke dalam kamarnya dan lehernya dijerat dengan kerudung,” ujar Kanit Reskrim Polsek Maron Bripka Adi Permana.

Sampai di dalam kamar, korban melihat segala penjuru kamarnya dalam kondisi berantakan. “Di dalam kamar itu, korban sempat melihat ke atas. Korban melihat ada pelaku Totok dan saat itulah korban mengetahui bahwa pelaku adalah tetangganya,” imbuh Adi Permana.

Karena sudah diketahui, lantas pelaku menutup mulut korban dengan kerudung lain. Setelah itu, korban kemudian diikat kedua tangannya memakai kerudung lain.

Pelaku Totok lantas menodongkan pisau yang dibawanya seraya berkata korban tidak boleh memberitahukan kejadian itu kepada orang. Kurang puas, pelaku Indra juga melakukannya. Ia mengalungkan celurit dan mengulangi perkataan Totok.

“Setelah itu, korban didorong sampai terjatuh. Sedangkan kedua pelaku kabur lewat lintu dapur. Melihat keduanya sudah lari, korban merangkak dan berteriak teriak minta tolong,” ujarnya.

Tidak lama kemudian, korban lapor polisi. Usai mendapat laporan itu, malam harinya sekitar pukul 23.00, kedua pelaku berhasil diamankan. “Keduanya mengakui bahwa melakukan pencurian di rumah korban,” tandasnya.

Selain berhasil mengamankan kedua pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah bukti. (sid/mie)