alexametrics
25.8 C
Probolinggo
Thursday, 26 November 2020

Awas, Beredar Akun WA Bupati-FB Wabup Probolinggo Palsu Minta Donasi

KRAKSAAN, Radar Bromo–Nama bupati dan wakil bupati Probolinggo sedang dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggung jawab. Beredar akun whatsapp (WA) dan facebook (FB) palsu atas nama keduanya yang meminta bantuan dan sejumlah uang.

Akun Bupati Puput Tantriana Sari yang dipalsu adalah Watshapp. Dengan menggunakan akun bisnis bernomor 083830167711, nomor ini chating ke beberapa nomor. Nomor ini mengatasnamakan Bupati dan meminta donasi uang pada yayasan dan ponpes.

Foto profil nomor inipun menggunakan foto Bupati Tantri. Kemudian, nomor ini juga memperkenalkan diri sebagai Bupati Tantri. “Perkenal kan saya dengan ibu Hj. Puput Tantriana Sari selaku bupati probolinggo. saya mau menggelang donasi berupa uang untuk berbagai yayasan dan ponpes. apa benar ini saya berbicara dengan pengurus yayasan,” tulis akun WA tersebut.

Sementara itu, Wabup Timbul Prihanjoko juga mengalami hal serupa. Beredar akun FB palsu yang mengatasnamakan dirinya. Akun FB itu lantas meminta sejumlah uang.

Akun FB Wabup Timbul itu mulai menebar permintaan pertemanan sejak Rabu (18/11) pagi. Bahkan, sejumlah orang dekat atau teman dari Wabup Timbul dikirimi undangan pertemanan. Akun FB ini juga tak segan mengirimkan pesan berupa chat pribadi yang isinya meminta transfer uang untuk kegiatan penggalangan dana Covid-19.

Saat dikonfirmasi, Bupati Tantri membantah telah menggalang donasi. Menurutnya, nomor WA yang mengatasnamakan dirinya itu palsu. Nomor itu ditegaskan Bupati Tantri, bukan miliknya. Oleh karena itu, dia pun menghimbau agar semua pihak yang dihubungi untuk tidak menghiraukan nomor tersebut. “Itu akun palsu. Jangan diindahkan bila akun itu nge-chat,” katanya.

Hal senada diutarakan Wabup Timbul. Menurutnya, akun FB yang meminta uang itu bukan miliknya. Dia pun mengimbau kepada seluruh kolega dan masyarakat agar tidak termakan bujuk rayu dari penipu yang mengatasnamakan dirinya.

“Akun itu bukan milik saya, itu palsu. Mohon jangan ditanggapi atau dilayani. Terlebih kalau sampai meminta transferan sejumlah uang,” katanya.

Menurutnya, saat ini telah ada salah satu koleganya yang tertipu dan sempat mentransfer sejumlah uang. “Ada yang sempat transfer Rp 100 ribu, terus penipu itu minta lagi senilai Rp 2 juta. Karena curiga akhirnya kolega saya itu menghubungi saya dan untungnya dia belum sempat transfer,” jelasnya.

Pihaknya pun sudah melaporkan kasus penipuan ini kepada pihak kepolisian. Dia berharap agar pelaku dapat segera ditangkap, karena sudah mencemarkan nama baiknya.

“Sudah saya laporkan ke Polres Probolinggo. Semoga pelakunya segera ditangkap agar ada efek jera,”terangnya. (sid/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Mastrip  

Pohon tumbang inipun cepat dievakuasi, karena berada tak jauh dari kantor Badan penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo.

Sopir Ngantuk, Dua Dump Truk Adu Moncong di Purwosari  

Truk yang disopiri Komarudin tiba-tiba melaju ke jalur berlawanan hingga tertabrak truk lain.

Truk Terguling di Cangkringmalang Beji, Muatan Pupuk Tercecer

Kecelakaan itu memicu kemacetan di jalur pantura.

Para Ahli Pastikan Vaksin yang Digunakan Aman dan Efektif

Keberadaan vaksin yang aman dan efektif sangat penting

Lantik Pengurus Pusat JMSI, Ini Pesan Bamsoet

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menaruh harapan besar kehadiran JMSI akan semakin melengkapi berbagai entitas kelembagaan pers yang telah lahir sebelumnya.