Pencuri Ayam Ini Dibekuk setelah 5 Tahun Lalu Beraksi

PURWOSARI – Meski dilakukan lima tahun lalu, pencurian ayam yang dilakukan M. Mahfud, 41, tetap harus dipertanggungjawabkan. Buktinya, lima tahun setelah mencuri ayam, dia dibekuk petugas Polsek Purwosari.

Pelaku yang menjadi DPO pencurian ternak ayam ini, dibekuk petugas Buser, Senin (17/9), pukul 13.00. Saat itu, warga Kecamatan Sukorejo itu sedang berada di Dusun Lebaksari, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan.

“Pelaku adalah DPO kasus pencurian ternak ayam. Karena itu, begitu ada informasi dia bekerja serabutan di Pandaan, langsung kami mendatanginya dan menangkapnya,” kata Aiptu Inong Ponco, kanit Reskrim Polsek Purwosari.

Pencurian ayam ini, menurut Kanit Reskrim, tidak dilakukan sendirian oleh pelaku. Tapi bersama dua temannya. Satu orang sudah tertangkap lebih dulu, satu lainnya masih buron hingga sekarang.

Mereka bertiga mencuri ayam di kandang ternak milik PT Satwa Utama Raya, di Dusun Babatan, Desa Bakalan, Kecamatan Purwosari pada 21 Januari 2013. Total, 699 ekor ayam telah mereka curi.

“Peran pelaku saat pencurian yaitu membuka kunci gembok kandang nomor 26 dengan kunci yang sudah digandakan tanpa sepengetahuan pabrik. Lalu ayam dimasukkan ke sak warna putih dan dikeluarkan melalui pagar pabrik,” tuturnya.

Ayam-ayam curian pun langsung dijual. Pelaku sendiri mendapat bagian sebesar Rp 15 juta dari hasil penjualan ayam itu.

“Atas perbuatannya, pelaku kami jerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara,” ungkapnya. (zal/fun)