Asyik Ngobrol di Warung Jl Wahidin, Tas Warga Cokro Dijambret

MAYANGAN, Radar Bromo – Aksi kejahatan jalanan kian marak di Kota Probolinggo. Belum juga terungkap sejumlah pencurian motor, Senin (18/5) aksi penjambretan terjadi.

Tas milik Maria Damayanti, 39, warga Jalan Cokroaminoto, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, dijambret. Aksi itu terjadi sekitar pukul 13.00.

Saat itu korban bersama seorang rekannya sedang bersantai di sebuah warung es teler di Jalan Dr. Wahidin, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan.

Saat itu sekitar warung terpantau sepi. Selang beberapa menit, ada motor bebek yang dikendarai oleh dua orang. Motor itu berhenti di sisi sebelah utara warung es. “Saat itu saya sedang bersantai bersama teman di sebuah warung es, tiba-tiba ada motor berhenti,” ujar Maria.

Kemudian salah satu pelaku dibonceng, berjaket hitam kombinasi merah mengenakan masker dan helm, turun. Ia diam-diam masuk warung. Selanjutnya, mengambil tas di depan korban.

“Karena saat itu saya asyik ngobrol, tiba-tiba pelaku mengambil tas dan berlari menuju temannya yang berada di atas motor yang sudah siap di sisi utara warung kemudian kabur ke arah barat,” jelasnya.

Menurutnya, saat kejadian dirinya berteriak dan berusaha mengejar. Saat itu ada beberapa orang di warung dan satu satpam perumahan juga berusaha mengejar. Namun, karena pelaku menggunakan motor sehingga tak dapat terkejar.

Atas kejadian itu, beberapa surat penting, kartu identitas, dan sebuah perhiasan permata rubi berwarna ungu raib dibawa pelaku. Korban pun ditaksir mengalami kerugian sekitar Rp 20 juta.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota AKP Heri Sugiono mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti laporan korban. “Saat ini masih proses penyelidikan,” jawabnya dengan singkat. (ar/mie)