Tepergok Curi Ayam, Pemuda Pengangguran asal Manaruwi Dimassa

BEJI-Wajah M Herman, 27, warga Desa Manaruwi, Kecamatan Bangil masih bengap saat ditemui di Mapolsek Beji. Sejumlah luka lebam di wajahnya itu didapat usai ia jadi bulan-bulanan massa saat tepergok mencuri ayam bangkok.

Aksi pencurian itu berlangsung Kamis dini hari (13/12) sekitar pukul 02.00. Korbannya, Agus Muhardoko, 44, warga Luwung, Desa/Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan.

Agus nyaris kehilangan dua ekor ayam jago miliknya, setelah pelaku menyatroni kandang ayam korban.

Kanitreskim Polsek Beji Ipda Tatok menguraikan, dini hari itu korban masuk ke pekarangan korban. Selanjutnya ia mengambil dua ekor ayam yang ada di dalam kandang. Ia pun bersiap-siap kabur.

Namun, niatan untuk kabur terhenti. Itu setelah ayam korban berontak dan berkokok. Kokokan tak wajar, membuat korban beranjak dari kamarnya. Ia bergerak ke pekarangan rumahnya, dan melihat pelaku hendak kabur.

“Saat (pelaku) hendak kabur, korban teriak maling. Sehingga mengundang warga berdatangan,” terang Tatok.

Tersangka pun terpojok. Ia tak bisa kabur, setelah dikepung massa. Warga pun memukulinya hingga babak belur.

Untungnya, petugas segera memperoleh informasi tersebut. Sehingga dengan cepat, petugas bergerak ke lokasi. Selanjutnya, tersangka pun diamankan.

Ia pun disidik. Dalam pengakuannya, ia nekat mencuri ayam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Tersangka tidak punya pekerjaan. Makanya ia nekat mencuri ayam,” ulasnya.

Kini, karena perbuatannya itu, tersangka dijerat pasal 363 KUHP subsider 362 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ia pun terancam hukuman 7 tahun penjara. (one/mie)