Modus Tipu Proyek hingga Korban Merugi Setengah Miliar, Warga Kanigaran Dibekuk

PANGGUNGREJO – Jeruji tahanan kini harus dirasakan Sumardi, 54. Warga Kelurahan Bermi, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo ditangkap Sabtu (15/9) lalu karena melakukan penipuan.

“Tersangka mengajak korbannya untuk bekerja sama dalam proyek pengurukan bidang tanah untuk pembangunan pabrik di Sumberasih. Kemudian ia meminta uang senilai Rp 500 juta kepada korban dengan disertai surat perjanjian kerja sama,” ungkap AKP Slamet Santoso, Kasatreskrim Polresta Pasuruan.

Setelah itu, korban pun termakan bujuk rayu tersangka hingga tertarik dalam kerja sama tersebut. Uang ratusan juta itu pun diserahkan pada Januari lalu. Namun setelah uang diserahkan, korban merasa ditipu. Hal itu terungkap setelah korban mengecek proyek yang dimaksud tersangka.

“Akan tetapi setelah lokasi proyek itu dicek, ternyata tidak ada. Sehingga, dalam kasus ini korban mengalami kerugian senilai Rp 500 juta. Tersangka dikenai pasal 378 KUHP tentang Tindak Pidana Penipuan. Ancaman hukuman yang diterimanya selama empat tahun pidana penjara,” tandasnya. (tom/fun)