Bekuk Pencuri-Penadah Motor Curian asal Lekok dan Gerongan

LEKOK, Radar Bromo – Abdul Wahab, 30, warga Desa Branang, Kecamatan Lekok dan Muhammad Sukron, 28, warga Desa Gerongan, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, kini harus melewati hari-harinya dari balik jeruji besi. Itu, setelah keduanya dibekuk oleh Polsek Lekok karena terlibat aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Keduanya diamankan oleh Unit Reskrim Polsek Lekok pada Minggu (15/12). Penangkapan ini tidak lepas dari kerja sama antara pihak kepolisian, pemdes, dan informasi dari masyarakat setempat.

Aksi pencurian ini diketahui terjadi pada Sabtu (14/12) sekitar pukul 13.00. Siang itu, M. Said, 52, warga Desa Pasinan kehilangan motor Honda Supra warna hitam nopol N 2333 TAV. Ia lantas melaporkan hal ini pada Polsek Lekok.

Petugas unit Reskrim Polsek Lekok pun langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Dari situ, penyidik berhasil mendapatkan informasi ciri-ciri pelaku yang mencuri motor milik korban.

Tak lama kemudian, penyidik menerima informasi jika pelaku dengan ciri-ciri yang dimaksud ada di rumahnya. Kapolsek bersama Kades lantas mendatangi rumah pelaku yang dimaksud dan berhasil menangkap Abdul Wahab.

Usai mengamankan Abdul Wahab ini, Polsek lantas melakukan pengembangan. Dari sini diketahui identitas penadah motor milik korban. Yakni, Muhammad Sukron. Ia pun diamankan di rumahnya pada Minggu.

Dari rumah Sukron, unit Reskrim Polsek Lekok berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya motor Honda Supra nopol N 2333 TAV, satu lembar STNK kendaraan, dan satu buah BPKB kendaraan serta satu buah kontak sepeda motor Supra tersebut.

Kasubag Humas Polres Pasuruan Kota AKP Endy Purwanto mengungkapkan, penangkapan pelaku tak lepas dari informasi masyarakat. Saat ini pihaknya masih memburu satu rekan pelaku lainnya yang berhasil melarikan diri.

“Pelaku memang tidak memiliki pekerjaan tetap. Aksi ini untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pelaku kami kenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman tujuh tahun,” sebut Endy. (riz/mie)