alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Kapasitas 287, Lapas Pasuruan Dihuni 664 Orang

PASURUAN – Jumlah warga binaan di Lapas Kelas IIB Pasuruan terus bertambah. Hal itu membuat kondisi lapas kian sesak dan melebihi kapasitas ideal.

Kepala Lapas IIB Pasuruan Fikri Jaya Soebing memaparkan, lapas yang berada di Jalan Panglima Sudirman itu berkapasitas 287 orang. Namun, kondisi yang terjadi saat ini, jauh dari kata ideal. Sebab, jumlah narapidana dan tahanan yang ada, melebihi 100 persen dari kapasitas tersebut.

“Memang hampir semuanya mengalami overload. Jadi, jumlah warga binaan yang ada jauh lebih banyak dibandingkan daya tampung Lapas,” kata Fikri.

Hingga saat ini, ada 664 warga binaan yang tercatat di Lapas IIB Pasuruan. Rinciannya, sebanyak 592 narapidana. Sedangkan sebanyak 72 tahanan masih menjalani proses peradilan.

Berbagai kasus melatarbelakangi mereka mendekam di balik jeruji besi. Dibandingkan dengan jumlah warga binaan pada April lalu, memang cenderung berkurang. Pada akhir April lalu, ada 673 warga binaan. Namun, sebagian dari mereka sudah bebas atau dipindahkan ke Lapas lain. “Namun, dengan jumlah saat ini masih tetap melampaui kapasitas,” jelas Fikri.

Lantaran itu, pihaknya juga terus menekankan agar sipir yang bertugas lebih mengutamakan aspek humanis kepada warga binaan. Dengan harapan, agar situasi di dalam Lapas tetap dapat dikendalikan. “Dan yang terpenting, guna menghindari terjadinya keributan sekecil apapun,” ujarnya. (tom/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU