Tepergok Hendak Curi Motor, Pemuda asal Plososari Grati Ditangkap

PAJARAKAN – Sudirman, 22, warga Dusun Kebonsengon, Desa Plososari, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, kini harus melewati hari-harinya dari balik jeruji besi. Ia ditangkap polisi lantaran diduga terlibat aksi pencurian motor di Kabupaten Probolinggo, Sabtu lalu (8/9).

Sudirman dibekuk Selasa (11/9), saat itu ia tengah berada di Jalan Raya Tongas, Kabupaten Probolinggo. Dari data yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, Sudirman dibekuk karena diduga terlibat dalam kasus curanmor, milik Yuin, 50, warga Desa/Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, yang diparkir di teras rumahnya.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo AKP Riyanto mengatakan, tersangka dibekuk berkat hasil penyelidikan yang dilakukan pihaknya. Dari keterangan korban dan saksi, pencurian sepeca motor bernopol N 3626 QY yang berhasil digagalkan itu dilakukan Sudirman.

Setelah diselidiki, tersangka tengah berada di Jalan Raya Tongas, Kabupaten Probolinggo. “Polsek Sukapura mengamankan tersangka di Tongas. Dari keterangan korban dan saksi, benar pelaku pencurian motor korban itu tersangka Sudirman,” ujarnya.

Riyanto mengatakan, curanmor itu terjadi saat korban memarkir motornya di teras rumah. Tak lama kemudian, korban mendengar teriakan saksi Diah, dengan kata-kata maling.

Mendengar itu, korban bergegas keluar rumah dan mendapati tersangka menjauh dari motor Honda Beat milik korban. Korban dan saksi sama-sama melihat tersangka baru saja berusaha mencongkel lubang kunci sepeda motor korban.

Karena diteriaki maling, tersangka kabur menghampiri rekannya yang berinisial SH dan kini masih buron. Saat itu, SH menunggu tersangka di atas motornya tidak jauh dari lokasi kejadian.

“Korban dan saksi mengingat wajah dan ciri-ciri kedua pelaku. Kini, Sudirman disangka melanggar pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara,” ujarnya. (mas/rud/mie)