Hasil Penyidikan Polisi, Pencuri Motor di Bajangan Beraksi Sendirian

GONDANGWETAN – Polisi memastikan pencurian sepeda motor di Desa Bajangan, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan, dilakukan pelaku tunggal. Kepastian itu disimpulkan setelah polisi memeriksa tersangka yang ditangkap massa, Idrus Zaenali, 27.

“Tersangka sudah ditahan setelah sempat dirawat di Puskesmas Gondangwetan. Sekarang masih proses penyidikan,” ujar Kapolsek Keboncandi AKP Suprihatin melalui Kanit Reskrim Bripka Syahru Pranowo, Senin (14/1).

Menurutnya, setelah diperiksa, tersangka yang dimassa mengakui pencurian itu dilakukan seorang diri. Sebelum beraksi, warga Desa Rowogempol, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, itu mengendarai sepeda motor. Saat itu, tersangka dari rumahnya mengendarai sepeda motor Honda GL bernopol N 5589 YO.

Sejak awal, menurut Syahru, tersangka memang sudah berniat mencari motor ‘pengganti’ yang akan disasar. “Lalu tersangka berhenti di sekitar Bajangan dan menyembunyikan motornya di area persawahan sekitar 1 kilometer dari TKP (tempat kejadian perkara) pencurian,” ujarnya.

Rencananya, jika tersangka berhasil membawa kabur motor korban, motor miliknya memang akan ditinggalkan. “Maksudnya dia bawa kabur motor curian dulu, lalu akan mengajak orang untuk mengambil motornya yang sudah ditinggal,” ujar Syahru.

Polisi juga sudah mengamankan motor tersangka yang disembunyikan di semak-semak itu. Motor itu kini turut diamankan di Mapolsek Keboncandi sebagai barang bukti. Tersangka juga ditahan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ada unsur pemberatan karena tersangka sudah merusak rumah kunci motor korban menggunakan kunci T,” ujar Syahru.

Diketahui, Idrus Zaenali harus berurusan dengan polisi setelah tepergok mencuri motor Yamaha Mio J milik Fauzan, Minggu (13/1) lalu. Sebelum tertangkap massa, pelaku sempat lari dan akhirnya menceburkan diri ke dasar sungai. Sebelum diamankan polisi, tersangka sempat dijahar sejumlah warga Desa Bajangan, Kecamatan Gondangwetan. (tom/rud)