alexametrics
24C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Pencuri Bonsai Viral setelah Terekam CCTV

WONOASIH,Radar Bromo – Aksi pencurian bonsai di rumah Sofiki Hidaya, 52, warga Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, jadi viral. Jumat (13/11) sore, pencuri yang mengendarai sepeda motor Honda Vario, itu terekan Closed Circuit Television (CCTV).

Bahkan, di facebook jumlah penontonnya mencapai 6.000 akun. Sofiki mengatakan, tak hanya kali ini kehilangan tanaman hias. Beberapa tahun lalu, rumahnya sering kemalingan. Mulai dari televisi, ikan peliharaan, termasuk sejumlah tanaman hias. Karena sering kemalingan Sofiki memasang CCTV.

Ternyata, adanya CCTV cukup membantu. Jumat (13/11), sekitar pukul 17.00, Sofiki menduga ada pencurian di rumahnya. Saat itu, salah satu tanaman bonsai di depan rumahnya tampak kosong. Karenanya, korban melihat rekaman CCTV-nya.

Dari rekaman itu, diketahui sekitar pukul 15.50, ada seorang pengendara motor mencuri bonsainya. Dalam rekaman itu terlihat, pelaku mengendarai motor matik seorang diri. Sesampai di depan rumah korban, pelaku semakin ke kanan memepet sejumlah tanaman hias dan berhenti.

Tanpa turun dari motor, pelaku terlihat berusaha mengangkat salah satu bonsai yang ditaruh di tempat yang sejajar dengan sadel motornya. Namun, terlihat tidak kuat. Pelaku pun ganti sasaran, memilih mengangkat bonsai yang berada di dekat kakinya. Berhasil, bonsai ini dibopong dan diletakkan di antara setir dan pelaku. Dengan santai, pelaku meninggalkan rumah korban.

Pencurian ini baru diketahui sekitar pukul 17.00, dari rekaman CCTV. Korban berusaha membuat jera pelaku dengan memposting hasil rekaman CCTV-nya. Serta, melaporkan kasus ini ke Polsek Wonoasih.

“Diduga pelaku tidak tahu tanaman (bonsai), soalnya jika tahu, pelaku pasti mengambil bonsai yang bagus. Tidak mengambil secara acak begitu. Lebih lagi, di dekat bonsai yang diambil pelaku, ada bonsai luar negeri yang nilainya lebih tinggi. Tetapi tidak diambil,” ujar Sofiki.

Meski nilainya berkisar hanya Rp 200.000 sampai Rp 300 ribu, Sofiki tetap melaporkan kejadian ini ke Polsek Wonoasih, yang jaraknya tidak jauh dari rumahnya. “Kemarin sudah laporan. Memang nilainya kecil, tapi karena dulu sering terjadi, makanya saya laporkan saja,” ujarnya.

Terpisah Kapolsek Wonoasih Kompol Kuzaini mengatakan, laporan korban sudah diterima. Pihaknya juga langsung ke lokasi kejadian untuk mengeceknya. “Petugas juga langsung datang ke lokasi untuk memeriksa. Saat ini masih didalami,” ujarnya. (rpd/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU