alexametrics
31C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Dari 3 Pencuri Rumah Kosong di Sumberrejo, 2 Residivis

PURWOSARI, Radar Bromo – Penyidikan maraton dilakukan Unit Reskrim Polsek Purwosari terkait percobaan pencurian rumah kosong, di Dusun Kucur, Desa Sumberrejo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Minggu (12/7) siang. Tiga orang telah ditetapkan tersangka.

Mereka adalah Rais, 33 dan Ludik, 28, keduanya warga Dusun Tambakwatu, Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi. Seorang lagi bernama Sumari, 39, asal Desa Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

“Usai lidik dan gelar perkara, tiga orang terduga pelaku percobaan pencurian rumah kosong di Kucur kami tetapkan tersangka. Sekarang ketiganya diamankan di sel tahanan mapolsek,” ujar Kanitreskrim Polsek Purwosari Bripka Bambang Purwanto.

Bambang menuturkan, aksi pencurian tersebut sebelumnya memang sudah direncanakan. Sekaligus mencari sasarannya dengan cara hunting atau keliling.

Kebetulan, di dalam rumah kosong tersebut ada dua motor. Sementara Bagus, 60, korbannya, posisi tidak ada dirumah atau sedang bepergian ke Malang.

“Sumari dan Ludik, keduanya masuk ke TKP dengan cara menerobos samping kiri rumah korban yang terbuat dari bambu. Sedangkan Rois sebagai joki motor, menunggu diluar,” jelas Bambang.

Selain mengamankan tiga pelaku, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti milik para pelaku. Terdiri dari satu unit motor Honda Beat yang hangus terbakar milik Ludik. Kemudian sebilah pisau dan tiga buah HP.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku ini oleh penyidik reskrim polsek setempat dijerat pasal 363 jo 53 KUHP. Dengan ancaman maksimal penjara tujuh tahun katanya.

“Dua dari tiga pelaku ini, merupakan residivis kasus curanmor TKP di Blitar beberapa tahun lalu. Dua orang itu adalah Ludik dan Rais,” terangnya.

Diketahui, emosi warga memuncak saat tiga terduga pelaku pencurian di rumah kosong (curumsong) berhasil diamankan. Sebuah motor matik milik pelaku pun dibakar.

Peristiwa itu terjadi di Dusun Kucur, Desa Sumberrejo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Minggu (12/7) siang. Ketiga terduga pelaku tidak sampai dimassa. (zal/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU