Gagal Kencani PSK di Rel Babian, Dua Pria Ini Nekat Jambret

MAYANGAN, Radar Bromo – Mufakat dua lelaki ini membawa mereka ke balik penjara. Agus Hariyanto, 30 dan Aldiyan Juliyono, 19, bersepakat akan mengencani PSK. Jika incaran mereka menolak, mereka sepakat untuk menjambret tasnya.

Dua lelaki itu akhirnya bertemu Susan, 24, PSK asal Desa Besuki, Kelurahan Jati Banteng, Kabupaten Situbondo. Keduanya pun mengajak Susan kencan. Namun, Susan menolak. Maka, mereka pun menjambret tas Susan. Hingga membuat keduanya dipenjara.

Agus yang asal Kebonsari Wetan, Kecamatan Kanigaran dan Aldiyan asal Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok itu pun dirilis Jumat (13/3) siang di Polres Probolinggo Kota (Polresta). Kapolresta Probolinggo AKBP Ambaryadi Wijaya yang memimpin rilis menyebut, penjambretan yang dilakukan keduanya terjadi Kamis (12/3) pukul 22.00.

Saat itu keduanya sedang pesta miras di sekitar rel KA, Mangunharjo atau rel Babian. Usai pesta miras, keduanya sepakat untuk mengencani PSK. Namun, jika perempuan tersebut menolak, maka keduanya bersepakat untuk menjambret yang bersangkutan.

Usai menyusun rencana, keduanya berboncengan mencari mangsa menggunakan motor jenis Suzuki Shogun Nopol N 3971 RK. “Yang menyetir sepeda motornya Agus, sementara yang merayu dan melakukan eksekusi Aldiyan,” terang AKBP Ambaryadi.

Tak lama kemudian, kedua pelaku berjumpa dengan Susan yang sedang mangkal di dekat rel Babian. Aldiyan pun mendekati korban. Sementara Agus, menunggu di Gg. Pelita, selatan rel Babian yang jaraknya 50 meter dari lokasi korban mangkal.

Aldiyan lantas mengajak kencan korban dengan tawaran Rp 500 ribu. “Pada saat Susan diajak kencan, papinya tidak mengizinkannya. Sehingga dia pun menolak,” beber Kapolresta.

Lantaran menolak ajakan kencan, Aldiyan langsung menjambret tas korban yang dicangklong di pundaknya. Kemudian, Aldiyan kabur.

Korban tidak diam saja. Dia mempertahankan tasnya. Bahkan, tali tas sampai putus dan korban terjatuh. Namun, usaha itu sia-sia.

“Pelaku lari ke arah temannya untuk kabur dengan sepeda motor. Namun, Susan ini berteriak maling,” tambahnya.

Mendengar teriakan Susan, warga sekitar yang pada saat itu sedang ngopi langsung menangkap kedua pelaku. Mereka bahkan babak belur dihakimi massa. Beruntung petugas yang mendapatkan laporan segera datang ke lokasi. Sehingga, nyawa kedua pelaku masih tertolong. Akibat perbuatannya, kini kedua pelaku dijerat pasal 362 KUHP dengan hukuman paling lama 5 tahun penjara. (rpd/hn)