Pemuda Wonosunyo Ini Nekat Curi Kotak Amal Masjid di Warkop  

GEMPOL, Radar Bromo–Aksi pencurian kotak amal di sebuah warung kopi (warkop) kawasan Sumber Tetek, Desa Wonosunyo, Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jumat (7/2) lalu akhirnya terungkap. Polisi saat ini telah berhasil membekuk pelakunya.

Ia adalah Sultoni, 19, warga Dusun Belahan Jowo, Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Ia dibekuk kemarin pagi sekitar pukul 09.00.

“Terungkapnya pelaku dari hasil pengembangan ciri-ciri sesuai keterangan saksi. Kemudian, kami meluncur bersama perangkat dusun dan berhasil mengamankan pelaku beserta barang buktinya ke mapolsek,” ujar Kapolsek Gempol Kompol Maryono.

Saat dijemput Buser dan perangkat dusun di rumahnya, pelaku sendiri disebutkan mengakui perbuatannya. Menurutnya, ia beraksi seorang diri untuk mencuri kotak amal milik masjid yang dititipkan di warkop tersebut.

Pelaku masuk dengan cara merusak dinding warung yang terbuat dari bambu. Kemudian mengambil uang yang ada dalam kotak amal yang terbuat dari kaca.

Saat itu di kotak amal ada duit sekitar Rp 600 ribu.“Dari pengakuannya, uang hasil kejahatan oleh pelaku dibelikan HP, selama ini tiap harinya pelaku tidak bekerja,” kata perwira polisi dengan satu melati di pundaknya tersebut.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga amankan sejumlah barang bukti. Diantaranya, kotak amal, satu buah HP hasil kejahatan, satu potong celana dan jaket yang dipakai pelaku saat melakukan kejahatan. “Pelakunya dijerat dengan pasal 363 KUHP dan ancaman maksimalnya tujuh tahun penjara,” tegasnya. (zal/mie)