Gerebek Sabung Ayam di Kebonsari, Tukang Mandikan Ayam Aduan Tersangka

MAYANGAN, Radar Bromo – Polsek Mayangan menetapkan satu tersangka dalam penggerebekan sabung ayam, Rabu (11/12). Dia adalah Abd. Sukur, 58, Warga Jl. KH. Abd. Hamid, Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, itu ditetapkan tersangka karena posisinya sebagai pemandi ayam aduan.

Kapolsek Mayangan Kompol Ahmad Firman Wahyudi menegaskan hal itu saat pers rillis, Kamis (12/12) siang. Menurutnya, penetapan tersangka dilakukan berdasarkan pemeriksaan pada para saksi yang ditahan dan barang bukti (BB) yang diamankan.

Dari situ diketahui, bahwa yang benar-benar terlibat dalam aksi sabung ayam adalah Abd. Sukur. Sehingga, dia ditetapkan sebagai tersangka. Sementara empat orang lain yang ditahan, statusnya hanya sebagai saksi.

“Abd. Sukur ini sebagai orang yang memandikan ketika ayam hendak ditarungkan,” terang Kompol Firman.

Setelah pemeriksaan, Polsek Mayangan menurutnya, mengembalikan ayam milik para pedagang yang sempat diangkut untuk diamankan. Mengingat di lokasi tersebut memang ada sejumlah ayam jago dagangan.

“Memang ada ayam dagangan yang ditaruh di sana untuk kedok. Dan untuk ayam dagangan itu saat ini secara simbolis kami kembalikan pada pemiliknya,” ujarnya.

Meski baru menetapkan satu tersangka, menurut Kapolsek Mayangan, dari penyelidikan ada lagi tiga tersangka yang sedang diburu. Dua di antaranya pemilik lahan dan satu orang tukang memandikan ayam.

“Ada tiga yang saat ini sedang kami buru. Yakni, H dan A sebagai pemilik lahan dan A yang tugasnya memandikan ayam yang hendak ditarungkan,” katanya.

Kapolsek pun berpesan pada warga dan kelurahan setempat tidak melakukan pembiaran bila ada aksi serupa. Namun, melaporkan pada petugas kepolisian.

“Kami imbau kepada masyarakat, jika ada kegiatan serupa segera melapor kepada kami,” pungkasnya.

Sayangnya, sampai kemarin belum diketahui siapa pemilik ayam yang ditarungkan. Berdasarkan hasil pemeriksaan, tukang memandikan ayam yang saat ini jadi tersangka mengaku tidak kenal pada pemilik ayam. (rpd/hn)