Bekuk Buron Maling Motor asal Cukurguling Lumbang, 1 Pelaku Buron

BANGIL, Radar Bromo – Berakhir sudah cerita pelarian Samsul Arifin, 35, dari kejaran polisi. Warga Desa Cukurguling, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan itu ditangkap usai jadi buron pencurian motor sejak Juli 2019 lalu.

Ia ditangkap polisi Jumat (31/1), di rumahnya sekitar pukul 03.30. Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan menguraikan, aksi pencurian motor itu berlangsung Rabu, 17 Juli 2019. Korbannya adalah Sumardi, 43, warga Krontorejo, Kecamatan Lumbang.

Pelaku tidak sendirian beraksi. Ia bersama rekannya, RW, yang kini masih menjadi buronan polisi. Mereka menjalankan aksinya saat korban tengah menggarap tegal milik Saturi, warga Pancur, Kecamatan Lumbang.

“Keduanya mengambil motor korban saat diparkir di tegalan. Modusnya, dengan merusak gembok pada motor dan membawa kabur motor tersebut,” jelasnya.

Korban yang mengetahui motornya raib, mengadukan ke polisi. Dari laporan itulah, petugas bergerak melakukan perburuan. Hingga akhirnya tersangka berhasil ditangkap.

“Pengakuannya ia mencuri untuk kebutuhan sehari-hari. Kami juga masih memburu pelaku lainnya,” jelas Rofiq dalam pres rilis, Rabu (12/2).

Karena ulahnya, tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ia terancam hukuman 7 tahun penjara.

Dalam pres rilis itu, bukan hanya kasus pencurian motor yang dibeber. Kapolres juga membeber hasil ungkap kasus penjambretan yang dilakukan oleh dua sahabat. Yakni, Dwiki Darmawan, 21 dan M. Ferianto, 23, asal Desa Sumbersuko, Kecamatan Gempol. Serta, kasus penganiayaan terhadap mantan istri, Rudi Wuryonto, 44, warga Kenjeran, Surabaya. (one/mie)