alexametrics
25C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Maling Bersarung Gondol Motor di Maron, Wajahnya Terekam CCTV

MARON, Radar Bromo – Dua maling bersarung beraksi di Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo. Jumat (8/5) malam, mereka menggondol satu unit sepeda motor Honda Scoopy milik pengunjung sebuah toko pakaian di sekitar Pasar Maron.

Aksi kawanan maling ini terekam Closed Circuit Television (CCTV). Dari rekaman CCTV itu terlihat jelas, pelaku mulai beraksi sekitar pukul 21.00. Awalnya, terlihat seorang perempuan keluar dari sebuah toko bersama dua anak kecil. Perempuan itu menaiki sebuah motor Honda Scoopy hitam-putih yang terparkir di depan toko.

Ia mencoba menyalakan mesin motornya. Bersamaan dengan itu, datang dua laki-laki mengendarai sepeda motor Honda Beat putih. Mereka terlihat mengawasi gerak-gerik korban yang sedang berada di atas motornya.

Tak lama kemudian, keluar seorang laki-laki berkaus merah dari toko. Ia diduga masih kerabat korban. Laki-laki itu mematikan mesin motornya dan kemudian masuk lagi ke toko. Perempuan yang awalnya berada di motornya itu, juga ikut masuk ke toko.

Mendapati itu, salah seorang pelaku yang memakai sarung cokelat kombinasi putih, berjaket jumper abu-abu, dan mengenakan masker hitam turun dari motor. Sedangkan rekannya, pria bersarung hitam, berkaus putih, dan berhelm hitam tetap berada di atas motornya.

Melihat pemilik motor masuk toko, pelaku langsung beraksi. Pria bersarung cokelat kombinasi putih itu, dan berhasil membawa kabur motor korban. Sedangkan, pria yang awalnya menunggu di motor mengikutinya dari belakang.

Kanit Reskrim Polsek Maron Aiptu Dadang Priyanto, membenarkan pencurian itu terjadi di wilayah hukumnya. Menurutnya, pasca beredarnya rekaman CCTV, anggotanya langsung mendatangi tempat kejadian perkara dan menghimpun informasi. “Namun, sampai saat ini (Sabtu, 9/5) belum ada laporan warga terkait dengan hilangnya motor,” ujarnya.

Sebelum beraksi di Maron, kawanan pencuri motor ini sempat terekam CCTV hendak mencuri di depan sebuah bank di Kecamatan Kraksaan. Saat itu, kondisi sepi terdapat 5 motor yang diparkir di depan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Pelaku turun hendak menggondol sepeda motor Scoopy.

Namun, aksinya tidak berhasil karena ada pengunjung ATM datang. “Kalau dilihat secara seksama, diduga pelaku yang sama sebelumnya beraksi di Kraksaan. Karena tidak berhasil, maka melakukan aksinya di Maron. Kami harap korban segera melaporkan dan kasus ini tentu kami proses lebih lanjut,” ujar Dadang. (ar/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU