Edarkan Sabu di Pasuruan, Pedagang Parfum asal Situbondo Ditangkap

PURWOREJO – Warga Kelurahan Panji, Kecamatan Mibaan, Kabupaten Situbondo, Kamil, 38, kini harus menghabiskan hari-harinya di balik jeruji besi. Ia dibekuk polisi karena disangka terlibat dalam bisnis narkotika.

Sembari berdagang parfum, Kamil juga menjual narkotika jenis sabu-sabu. Kedoknya terbongkar saat Kamil berada di Kota Pasuruan, Sabtu (29/12). Namun, polisi telah mengantongi identitasnya sejak beberapa hari sebelumnya,.

“Kami selidiki kebenarannya. Penyelidikan memakan waktu beberapa hari kemudian diduga pelaku memang terindikasi mengedarkan narkoba,” ujar Kasat Resnarkoba Polres Pasuruan Kota AKP Imam Yuwono.

Penyelidikan yang dilakukan polisi kemudian mengarah pada dugaan adanya transaksi yang akan dilakukan di Jalan Wahidin Sudirohusodo, Kelurahan Purutrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Tepatnya di tepi jalan depan RSUD dr R. Soedarsono Kota Pasuruan. Transaksi itu rencananya akan dilakukan Sabtu (29/12), tengah malam. “Kami sudah memantau pelaku. Sekitar pukul 01.00, transaksi yang dilakukan di tepi jalan itu kami gagalkan dan pelaku kami tangkap,” ujar Imam.

Tak hanya mengamankan pelaku, dari penggeledahan, polisi juga mengamankan sabu-sabu seberat 1,08 gram. Ponsel milik pelaku juga disita sebagai barang bukti. Pelaku maupun barang bukti lantas dibawa ke Mapolres Pasuruan Kota untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Pasal yang dikenakan yakni pasal 114 dan atau pasal 112 UU Nomor 35/2009 tentang Narkotika,” ujar Imam. Atas perbuatannya, kini tersangka terancam hukuman penjara di atas lima tahun. (tom/rud)