Sidang Online di PN Bangil, Keluhkan Kerap Terkendala Jaringan

BANGIL, Radar Bromo – Penerapan sidang virtual yang diberlakukan di PN Bangil, kerap bermasalah. Khususnya dari sisi jaringan yang kerap ngadat. Sehingga, mengganggu jalannya sidang.

Hal itu menjadi perhatian banyak kalangan. Seperti pihak pengacara yang kesulitan untuk mengikuti jalannya sidang. Khususnya, ketika persidangan memintai keterangan saksi ataupun keterangan terdakwa.

Dorongan agar penerapan sidang di PN Bangil mulai dimunculkan. “Tidak ada lagi gangguan gara-gara internet,” kata Sholeh, salah satu pengacara asal Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Sholeh memandang, penerapan sidang virtual memang ada sisi baik. Karena bisa mencegah penyebaran Covid-19. Namun, di sisi lain, banyak hal kurang nyaman dalam pelaksanaan sidang online tersebut.

Sebab, sidang tersebut harus ditunjang dengan sarana dan prasarana memadai. Termasuk kelancaran jaringan internet. “Kalau internetnya ngadat, akhirnya sidang pun terganggu,” ulasnya.

Ia berharap penerapan sidang di PN Bangil bisa diterapkan. Setidaknya, untuk mencegah Covid-19, bisa dilakukan dengan penerapan protokoler kesehatan. “Kami harap agar sidang di PN Bangil bisa kembali seperti semula, yakni tatap muka. Tentunya, dengan menjalankan protokoler kesehatan,” tandasnya.

Ketua PN Bangil Dewantoro mengungkapkan, penerapan sidang tatap muka belum bisa dijalankan. Karena belum ada petunjuk lanjutan dari MA. Penerapan sidang virtual ini merupakan instruksi dari MA.

“Kami belum bisa menjalankan sidang tatap muka seperti sebelumnya karena belum ada petunjuk dari MA,” sambung dia. (one/mie)