Tiap Tahun Diajukan, PN Pasuruan Tak Kunjung Naik Kelas

PANGGUNGREJO – Saban tahun Pengadilan Negeri (PN) Pasuruan diajukan untuk naik kelas. Namun, sejauh ini Mahkamah Agung (MA) RI belum mengabulkannya. Karenanya, PN ini tetap bertipe IIB.

Humas PN Pasuruan Rahmat Dahlan mengatakan, pihaknya mengajukan PN naik kelas minimal menjadi IIA. Ada sejumlah persyaratan agar PN dapat naik kelas. Salah satunya, jumlah perkara yang ditangani dalam satu tahun.

Namun, Rahmat mengaku belum bisa memastikan berapa kasus yang harus ditangani. Sedangkan, PN Pasuruan selama ini menangani persidangan di bawah 500 kasus. Selain itu, luas gedung dan fasilitas yang dimiliki PN juga berpengaruh. “Kalau usulan terus kami lakukan setiap tahunnya. Cuma belum mendapatkan persetujuan dari pusat. Cuma tetap kami upayakan,” ujarnya.

Rahmat menjelaskan, upaya kenaikan kelas ini dilakukan dengan terus berupaya membenahi fasilitas di PN Pasuruan. Tahun lalu PN Pasuruan mengubah pelayanan dengan menggunakan sistem berbasis online.

Kelengkapan administrasi juga bakal terus diperbaiki. Agar kenaikan kelas bisa dipenuhi. Menurutnya, kenaikan kelas ini dapat berdampak positif. Misalnya, pelayanan yang diberikan pada masyarakat semakin baik. “Pembenahan fasilitas mulai dari kantor dan pelayanan bagi terdakwa yang disidang dan pengunjung akan terus kami tingkatkan. Cuma kenaikan kelasnya menunggu. Mudah-mudahan disetujui,” harap Rahmat. (riz/rud)