Temukan Enam Motor di Sumber Hasil Curian Maling yang Dimassa di Leces

HASIL CURIAN: Muhammad Abdurrozaki alias Zaki bersama enam motor hasil curian yang dilakukannya. Semua motor itu ditemukan dijual pada warga Sumber, Kabupaten Probolinggo. (Arif Mashudi/Radar Bromo)

Related Post

LECES, Radar Bromo – Jejak Muhammad Abdurrozaki alias Zaki (bukan Jeki seperti tertulis sebelumnya) dalam pencurian kendaraan bermotor (curanmor) terungkap perlahan. Polsek Leces dan tim khusus Polres Probolinggo berhasil menemukan 6 unit motor curian yang dilakukan Zaki.

Enam unit motor itu ditemukan Jumat (3/7) setelah tim gabungan bergerak melakukan pengembangan. Pengembangan dilakukan berdasarkan pengakuan Zaki bahwa ia pernah beraksi di sembilan TKP di sawah.

”Kami kemarin (Jumat, Red), langsung berusaha mengembangkan kasus curanmor dengan pelaku Zaki. Termasuk mendatangi rumah tinggal pelaku Zaki di Desa Cepoko, Kecamatan Sumber,” katanya.

Pelaku sebenarnya warga Dusun Karanganyar, Desa Clarak, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Namun, sejak tahun kemarin, pelaku tinggal di rumah istrinya di Desa Cepoko, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo.

 

Baca Juga: Curi Motor Tetangga di Sawah, Warga Clarak Leces Dimassa

 

Upaya pengembangan, diungkapkan Kapolsek, tidak sia-sia. Pihaknya berhasil mengamankan 6 unit motor hasil curian yang telah dijual ke warga di wilayah Sumber. Sehingga, total ada 7 unit motor hasil curian yang saat ini berhasil diamankan. Termasuk Yamaha Vega yang dicuri terakhir kali dan kepergok pemiliknya di Desa Clarak, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.

Rinciannya, lima unit motor merupakan hasil pencurian dengan TKP di Kecamatan Leces. Dan dua unit motor dicuri di wilayah Kecamatan Tegalsiwalan.

Motor yang dicuri di Kecamatan Leces antara lain, Honda Supra Fit dicuri di depan pintu tol Desa Kerpangan; Honda Supra Fit dicuri di Desa Clarak; Yamaha Vega dicuri di Desa Kerpangan; Yamaha Jupiter Z dicuri di Desa Sumber Kedawung; dan Honda Supra Fit dicuri di Desa Sumber Kedawung.

 

Baca Juga: Pencuri Motor yang Dimassa di Leces Ternyata Sudah Beraksi di 9 TKP

 

Sedangkan yang dicuri di Kecamatan Tegalsiwalan yaitu Honda Revo Fit dicuri Desa Sumberbulu dan Yamaha Cripton dicuri di Desa Sumberbulu.

”Pelaku mencuri di wilayah Leces dan Tegalsiwalan. Kemudian, motor hasil curian itu dijual ke daerah pegunungan atau Sumber. Dengan modus, pelaku tidak menyebutkan motor itu hasil curian,” ungkapnya.

Kapolsek menegaskan, pihaknya masih berupaya menyidik dan mengembangkan kasus curanmor tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan, ada rekan pelaku Zaki yang juga terlibat dalam kasus curanmor di banyak TKP tersebut. Termasuk masih mengembangkan barang bukti hasil curanmor lainnya.

”Pelaku Zaki akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan (curat). Ancaman hukuman maksimal selama 7 tahun penjara,” tegasnya. (mas/hn)