Curi Motor Tetangga di Sawah, Warga Clarak Leces Dimassa

LECES, Radar Bromo– Jeki, warga Dusun Karanganyar, Desa Clarak, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, jadi bulan bulanan massa, Jumat (3/7). Itu setelah pria 34 tahun itu tepergok tengah mencuri motor di sawah Desa Clarak.

Ironisnya, motor Yamaha Vega yang dicuri itu milik tetangganya sendiri, Ali Sidiq, 40. Warga yang geram pun lantas berupaya menghajar Jeki.

Sempat kabur, Jeki akhirnya berhasil diamankan warga dan anggota Buser di Dusun Polotan, Desa Jorongan, Kecamatan Leces. Bogem mentah sejumlah warga sempat mendarat di wajahnya.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo menyebutkan, aksi pencurian motor itu terjadi sekitar pukul 11.15. Saat itu, korban Ali sedang berada di sawah. Motor Yamaha Vega miliknya diparkir dekat tepi jalan.

Saat itulah Jeki mulai beraksi. Ia berupaya merusak kunci motor korban dengan kunci T. Pelaku yang mengetahui motor korban dipasang baut di rem cakramnya, pelan-pelan membuka baut tersebut.

Setelah berhasil melepaskan baut dari cakram dan merusak kunci motor, Jeki berusaha menghidupkan motor korban. Namun, ia tak kunjung bisa menghidupkan mesin motor.

“Motor saya sudah dirusak kuncinya dan didorong. Tapi motor saya ada kunci rahasianya, jadi gak bisa dihidupin mesinnya. Pelaku lalu lari ke arah timur,” kata Ali Sodiqin, korban curanmor.

Korban Ali yang mengetahui motornya dicuri langsung teriak maling dan menghubungi kerabatnya. “Pelaku lari nyeberang ke barat jalan raya. Tapi warga terus mengejar dan berhasil menangkap di Polotan Jorongan. Waktu ketangkap itu, baru saya sadari kalau dia masih tetangga satu dusun,” ungkapnya.

Kapolsek Leces AKP A. Gandi mengatakan, penangkapan pelaku curanmor ini berawal dari informasi masyarakat adanya aksi curanmor. “Pelaku sempat diamuk massa karena warga yang yang ikut mengejar geram dengan aksi pencurian dan melarikan diri yang dilakukan oleh pelaku,” terangnya. (mas/mie)