Maling Gondol Motor Karyawan Toko Terekam CCTV

LOKASI KEJADIAN: Seorang warga menunjukkan lokasi sepeda motor milik M. Dayat, yang digondol maling, Jumat (1/3). Sampai Sabtu (2/3), polisi masih menyelidiki kasus ini. (Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KADEMANGAN – Wilayah hukum Polres Probolinggo Kota masih kerap menjadi sasaran maling. Jumat (1/3) lalu, terjadi dua aksi pencurian. Korbannya seorang karyawan sebuah toko dan jamaah masjid yang melaksanakan salat asar.

Lokasi pertama di depan sebuah minimarket di Jalan Raya Bromo, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Di sana, dua pelaku menggondol sepeda motor Honda Beat bernopol N 6697 SK. Motor itu milik karyawan Toko Boneka Aini Toys, M. Dayat, 23, warga Desa Ambulu, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Pencurian itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Aksi pelaku terekam Closed Circuit Television (CCTV) milik minimarket. Dari rekaman itu terlihat, semula salah satu pelaku masuk minimarket membeli sebotol minuman. Seorang pelaku lainnya mengeksekusi motor korban.

Pemilik Toko Boneka Boneka Aini Toys Sahrul mengatakan, korban memarkir motornya di depan minimarket di sebelah tokonya karena di depan tokonya masih ada mobil boks yang kulakan boneka. “Setelah pemiliknya menyadari motornya hilang, kami minta bantuan pihak minimarket melihat rekaman CCTV-nya. Ternyata, ada dua pelaku yang mencuri motor karyawan saya,” ujarnya.

Menurutnya, ciri-ciri pelaku sama seperti ciri-ciri pencuri sepeda motor di Puskesmas Ketapang, pada Selasa, 3 Juli 2018. Mereka juga terekam CCTV milik Puskesmas. “Ciri-cirinya persis dengan pelaku yang mengambil motor di Puskesmas Ketapang. Juga membawa Vario hitam,” ujarnya.

Pada hari yang sama, pencurian juga terjadi di sekitar masjid An-Nur, di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Pencuri yang beraksi sekitar pukul 16.03 WIB itu, juga terekam CCTV. Melingnya seorang pejalan kaki yang tiba-tiba mengambil ontel milik salah satu jamaah.

Sepeda itu diparkir di depan masjid. Sedangkan, pemiliknya melaksanakan salat asar. “Saya dengar kemarin ada sepeda ontel jamaah yang hilang. Setelah dicek di-CCTV, ternyata ada bapak-bapak yang mengambilnya,” ujar salah seorang jamaah yang enggan namanya disebutkan.

Mendapati itu, Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota AKP Nanang Fendy Dwi Susanto mengaku, anggotanya sudah melakukan penyelidikan. Termasuk, memeriksa rekaman CCTV. “Saat ini masih kami lakukan penyelidikan,” ujarnya. (rpd/rud)