Hakim Dinas Luar, Sidang Dewan yang Tersandung Ijazah Palsu Ditunda

KRAKSAAN, Radar Bromo– Sidang lanjutan kasus ijazah palsu dengan terdakwa anggota DPRD Kabupaten Probolinggo, Abdul Kadir, ditunda. Alasannya, kemarin ketua majelis hakim yang menyidangkan perkara ini berhalangan hadir.

Humas Pengadilan Negeri (PN) Kraksaan Yudistira mengatakan, sidang lanjutan beragenda pemeriksaan saksi itu akan digelar kembali pada minggu depan. “Sidang untuk hari ini (Kamis, Red) ditunda. Nanti sidang akan kembali digelar pada Selasa (7/1),” ujarnya.

Menurutnya, sidang ditunda karena Hakim Ketua Gatot Ardian tidak dapat menghadiri sidang. Kemarin, yang bersangkutan sedang bertugas di luar kota. “Alasannya karena hakim ketua dinas luar,” ujarnya.

Sidang lanjutan kemarin beragendakan pemeriksaan saksi meringankan dari kubu terdakwa. Rencananya, ada dua saksi yang akan dihadirkan dan dimintai keterangan dalam persidangan.

Kuasa hukum terdakwa Abdul Kadir, Hosnan Taufiq mengaku tidak masalah dengan penundaan persidangan ini. Sebab, mengenai penundaan jadwal sidang sepenuhnya kewenangan majelis hakim. “Itu kan haknya hakim. Kami tidak ada masalah terkait penundaan itu,” ujarnya.

Menurutnya, dua saksi yang rencana dihadirkan untuk meringankan kliennya juga batal hadir. Sebab, sebelumnya sudah ada pemberitahuan dari panitera. Sehingga, pihaknya mengkonfirmasi agar saksinya tidak usah hadir di PN. “Tidak hadir karena ada pemberitahuan terlebih dulu,” ujarnya. (sid/fun)