Gagal Jambret di Purwosari, Pemuda Wonorejo Dimassa-Motor Dibakar

AMUK MASSA: Arah jarum jam; Massa saat berupaya menghajar Ahul Mukmin saat diamankan polisi. Pelaku Mukmin saat diamankan di Mapolsek Purwosari. Dan motor korban saat dibakar massa. (Rizal Syatori/ Radar Bromo)

Related Post

PURWOSARI, Radar Bromo-Ahul Mukmin, 23, Jumat sore (0/5) jadi bulan-bulanan massa. Itu, setelah aksi warga Dusun Triwung, Desa Karangasem, Kecamatan Wonorejo, saat melakukan penjambretan berhasil digagalkan.

Aksi jambret itu terjadi di jalan nasional Malang- Surabaya, masuk Dusun Kemirahan, Desa Tejowangi, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan sekitar pukul 16.30. Yang jadi korbannya adalah Siti Kutiati, 36. Ia membonceng keponakanannya. Warga Dusun Gajahan, Desa Gajahrejo, Kecamatan Purwodadi, itu mengendarai motor Honda Vario. Keduanya melaju dari arah Malang.

Kapolsek Purwosari AKP Saifudin menerangkan, saat sampai di lokasi kejadian, korban dipepet Ahul Mukmin yang mengendarai motor Honda Beat yang melaju di sebelah kiri korban.

Selanjutnya, Mukmin lantas mengambil dompet korban yang diletakkan di dasbor dek motornya. Selanjutnya, pelaku langsung berupaya kabur ke arah utara.

Mendapati dompetnya dicuri, sontak korban pun meneriaki pelaku maling. “Mendengar suara teriakan itu, sejumlah warga dan tukang ojek langsung mengejar pelaku yang melintas di Tejowangi. Pelaku akhirnya tertangkap di Dusun Juri,” jelas Saifudin.

Begitu berhasil diamankan, pelaku Mukmin pun langsung dihajar massa. Motor Honda Beat yang dikenakannya juga langsung dibakar massa.

Untuk menghindari amuk massa, pelaku pun dibawa ke salah satu rumah warga, sambil menunggu dijemput polisi. Warga yang kadung muntap pun menunggu pelaku dari luar rumah tempat pelaku diamankan.

Penjemputan pelaku oleh polisi pun berjalan dramatis. Sebab, sejumlah warga masih berupaya melayangkan bogem pada pelaku. “Sekarang sudah kami amankan di Mapolsek,” kata Kapolsek.

Dari penyidikan, pelaku bukanlah seorang residivis. Namun, Mukmin mengaku pernah mencuri HP.  “Motor dan pelaku semuanya kami amankan di mapolsek. Kasusnya dalam proses penyidikan lebih lanjut,” jelasnya. (zal/mie)