123 Motor Kena Razia Balap Liar, Ada Sebagian yang Diduga Hasil Kejahatan

PAJARAKAN – Sepeda motor yang diamankan Satlantas Polres Probolinggo dalam razia, Sabtu (28/7) malam, mencapai 123 unit. Dari jumlah itu, ternyata ada sejumlah motor yang diduga kuat merupakan hasil tindak kejahatan atau tindak kriminal.

Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad sempat menemukan langsung sepeda motor Suzuki Satria tanpa pelat nomor. Bahkan, nomor rangka dan nomor mesinnya telah dihapus. Ratusan motor itu, diparkir di halaman depan Mapolres Probolinggo.

Ada sejumlah pemilik motor yang tengah mencari motornya dan berusaha mengurusnya. Namun, pihak kepolisian tidak begitu saja menyerahkannya. Sebab, selain ditilang, pemilik motor harus menunjukkan kelengkapan surat-suratnya, seperti STNK dan BPKB.

Selain itu, mereka juga diharuskan mengembalikan atau mengubah motornya seperti spesifikasi standarnya. Jika tidak, dipastikan motor itu tidak bisa keluar dari Mapolres Probolinggo.

Fadly mengatakan, ratusan motor yang diamankan merupakan hasil razia yang dilakukan tim gabungan. Razia itu menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dengan keberadaan balap liar dan motor berknalpot brong. “Ada empat titik yang biasa dijadikan tempat balap liar. Mulai dari area Alun-alun Kota Kraksaan, Stadion Kraksaan, Gading, dan Paiton,” katanya (30/7).

Fadly menegaskan, ratusan motor ini boleh diambil dengan syarat mengubahnya kembali ke spesifikasi standar. Selain itu, harus menunjukkan surat-surat kendaraan motor, berupa STNK dan BPKB. Selain itu, pihaknya juga akan tetap menindak dengan surat tilang.

“Kami mengharapkan kerja sama dari masyarakat untuk melaporkan titik-titik yang biasa jadi tempat balap liar. Karena kami akan terus melakukan patroli dan menempatkan personel di titik yang biasa jadi ajang balap liar,” ujarnya.

Disinggung soal dugaan motor diamankan ada yang hasil tindak kriminal, Fadly tidak menampiknya. Menurutnya, ada motor yang nomor rangka dan nomor mesinnya dihapus. Motor-motor yang tidak diketahui pemiliknya juga akan diselidiki oleh Satreskrim. Sebab, diduga kuat motor itu hasil kejahatan.

“Tadi ada motor yang sudah dihapus nomor rangka dan nomor mesinnya. Itu, sudah jelas tindak kriminal. Nanti akan saya perintahkan reskrim untuk menyelidiki motor yang diduga hasil kriminal,” ujarnya. (mas/rud/fun)


MELANGGAR: Ratusan sepeda motor diamankan di halaman Mapolres Probolinggo. Dari ratusan motor hasil razia ini, diduga ada yang merupakan hasil tindak kejahatan. (Arif Mashudi/Jawa Pos Radar Bromo)