Lagi, Temukan Dua PSK Terinfeksi HIV AIDS di Kab Pasuruan

BANGIL, Radar Bromo– Praktik prostitusi illegal di wilayah Kabupaten Pasuruan, benar-benar mengkhawatirkan. Pasalnya, prostitusi terselubung itu bisa menjadi sarana penularan penyakit menular. Salah satunya HIV AIDS. Sebab, tidak semua PSK yang diciduk, bersih dari penyakit.

Terbukti dari giat operasi yang digelar Satpol PP Rabu Kamis (29/1). Dari enam PSK yang diciduk itu, ada dua PSK yang ternyata mengidap HIV AIDS.

Temuan itu diketahui berdasarkan hasil tes kesehatan yang dilakukan Dinkes Kabupaten Pasuruan, Kamis (30/1). Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana mengungkapkan, para PSK yang berhasil diamankan, akhirnya dilakukan pengecekan kesehatan.

Mereka menjalani pengecekan kesehatan itu Mako Pol PP Kabupaten Pasuruan. Satu persatu dari PSK yang diciduk, diambil sample darahnya. “Sebelum diberi sample darah, mereka mendapatkan konseling terlebih dahulu dari petugas Dinkes,” terangnya.

KENA TIPIRING. Usai dites kesehatan, keenam PSK dikenai tipiring. (Foto : Iwan Andrik/Jawa Pos Radar Bromo)

Sampel darah itu, kemudian dicek kesehatannya. Hasilnya, tidak semuanya bersih. Karena, dua diantaranya mengidap HIV AIDS. “Ada enam PSK yang kami amankan. Semuan dites kesehatan. Dari enam PSK itu, dua diantaranya terinfeksi HIV AIDS,” sambungnya.

Mereka yang mengidap HIV AIDS akan terus dipantau. Pemantauan itu dilakukan, untuk mencegah penyebaran virus menular tersebut.

Bukan hanya pengecekan kesehatan. Para PSK itu, juga disidangkan tipiring di PN Bangil. Mereka disidangkan, agar memiliki kekuatan hukum tetap atas pelanggaran yang dilakukan. “Hari ini (Kamis, red) kami akan sidangkan tipiring di PN Bangil,” pungkasnya. (one/fun)