alexametrics
25.7 C
Probolinggo
Friday, 27 November 2020

Desa Krisis Air Bersih di Kabupaten Probolinggo Bertambah

KRAKSAAN – Hujan yang tidak kunjung turun, membuat jumlah desa yang kesulitan air bersih di Kabupaten Probolinggo bertambah. Dari lima desa di bulan Mei, menjadi 12 desa yang tersebar di enam kecamatan, pada September ini.

Berdasarkan data Jawa Pos Radar Bromo, pada Mei lalu, hanya 5 desa yang kekeringan. Yakni, Desa Tegalsono dan Gunung Bekel, Kecamatan Tegalsiwalan; Desa Sumberkramat, Kecamatan Tongas; Desa Gunung Tugel, Kecamatan Bantaran; dan Desa Wonoasri, Kecamatan Kuripan.

Saat ini bertambah tujuh desa, sehingga ada 12 desa yang kesulitan air bersih. Yaitu, Dusun Krandon, Desa Tandonsentul, kecamatan Lumbang; Desa Jatisari dan Kedawung, Kecamatan Kuripan; Desa Malasan Kulon dan Tigasan Kulon, Kecamatan Leces; Desa Bulujaran Kidul, dan Malasan Wetan, Kecamatan Tegalsiwalan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo pun harus dropping air bersih ke 12 desa itu. Kabid Kedaruratan dan Logistik di BPBD Kabupaten Probolinggo Teguh Kawiandoko mengatakan, sejak sebulan terakhir pihaknya rutin melakukan dropping air bersih di 12 desa itu. Tujuannya, tak lain membantu warga yang kesulitan air bersih.

“Kami rutin mengirim air bersih ke desa-desa yang kekurangan air bersih. Itu, kami lakukan untuk membantu mereka,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Jumat (28/9) siang misalnya, BPBD dropping air bersih di Desa Bulujaran Kidul, Kecamatan Tegalsiwalan. Setibanya di lokasi, truk tangki yang memuat air bersih tersebut langsung diserbu warga.

“Saat musim kemarau seperti ini, air layaknya emas di daerah-daerah tertentu. Jadi, ketika melihat truk tangki pembawa air bersih, warga langsung datang dan antre panjang,” jelasnya.

Setiap harinya, menurutnya, BPBD dropping air sebanyak 10 ribu liter. “Saat ini rutin dropping 10 ribu liter air. Kalau bulan lalu, tidak serutin saat ini. Bulan lalu sumber air masih banyak,” ungkapnya.

Dropping air yang dilakukan BPBD itu dilakukan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Probolinggo. PMI membantu dengan membelikan BBM ketika truk tangki hendak men-dropping air.

“Kami bersama PMI menyuplai air bersih untuk warga yang kesulitan air. Mereka membantu dengan memberikan BBM guna men-dropping air bersih ke daerah yang membutuhkan,” jelasnya. (sid/hn/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Usai Dilantik, Ribuan KPPS yang Bertugas di Pilwali Dirapid Test

Ini salah satu upaya KPU dalam memastikan seluruh putugas penyelanggara, seperti KPPS hingga linmas benar-benar sehat dan tidak terjangkit Covid-19

Petugas KPPS Harus Jaga Integritas selama Pilwali

Selanjutnya, KPU akan memberikan pembekalan bagi KPPS sebelum bertugas.

Pembobol Alfamart Suwayuwo Dibekuk, Pelaku Residivis, Ini Tampangya

Pelaku pembobolan toko modern yang berada di sebelah timur jalan nasional ini ada tiga orang.

Pembuangan Bayi di Bermi Krucil, sang Ibu Jadi Tersangka

Setelah melahirkan, pelaku langsung meninggalkan bayinya. Itu dilakukan agar tidak ada orang yang tahu dirinya telah melahirkan.