Lelang Proyek Gagal, Rehab Tiga Pasar Ini Ditunda

DITUNDA: Rencana Pemkot Pasuruan untuk merevitalisasi Pasar Kebonagung batal dilakukan tahun ini. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

PANGGUNGREJO – Gagal lelangnya sejumlah proyek di Kota Pasuruan berbuntut. Rehab sejumlah pasar tradisional yang sejatinya diagendakan tahun ini terpaksa dicancel.

Kepastian itu diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan Muallif Arif. Menurutnya, pemkot mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 5 miliar melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag). Rencanannya, DAK ini akan digunakan untuk merenovasi 4 pasar dan pembangunan UPT Kemetrologian.

Keempat pasar ini meliputi Pasar Poncol, Pasar Kebonagung, Pasar Karangketug, serta Pasar Bukir. Semua pasar kecuali Pasar Bukir diipastikan tidak direnovasi tahun ini. Sebab, tahap lelang untuk ketiganya dinyatakan gagal.

“Pasar Poncol, Pasar Kebonagung, dan Pasar Karangketug sudah kami lakukan lelang. Cuma, tidak ada yang dinyatakan lolos. Jadi gagal, sehingga tidak jadi direhab tahun ini,” katanya.

Ia menyebut, Pasar Bukir dan UPT Kemetrologian masih dilakukan tahap lelang. Pihaknya pun masih melakukan penyampaian grand design pada tim aset dan Wali Kota Setiyono. Untuk itu, pemkot masih memiliki waktu sampai akhir Agustus mendatang. (riz/mie)