alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Wednesday, 2 December 2020

Sempat 2 Kali Negatif, Pasien Covid-19 di Probolinggo Ini Positif Lagi

MAYANGAN, Radar Bromo – Hasil tes swab pasien positif korona asal Kota Probolinggo, berinsial S, sempat dua kali dinyatakan negatif. Namun, hasil tes keempatnya malah mengejutkan karena hasilnya positif. Karenanya, meski secara fisik kondisinya sehat, S belum diperbolehkan pulang dari RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Wali Kota Probolinggo Mochamad Soufis Subri dalam pres rilis Minggu (26/4) malam. “Untuk hasil tes swab keempat, masih ditemukan positif korona. Sehingga, pihak RSUD dr Mohamad Saleh tetap tidak memperbolehkan pasien S pulang,” ujarnya.

Subri membenarkan jika sebelumnya hasil tes swab kali ketiga S sudah negatif. Namun, untuk memastikannya kembali melalui tes swab keempat, namun ternyata hasilnya positif.

“Ini menjadi pelajaran bagi kita agar berhati-hati. Masih ada kemungkinan setelah negatif, kembali menjadi positif. Secara fisik kondisi pasien S sehat, tetapi karena tes swab ke empat masih positif, maka tetap diberlakukan isolasi di rumah sakit,” jelasnya.

Pasien S merupakan pasien yang dinyatakan positif korona di Kota Probolinggo bersama putranya. Namun, putranya telah dipulangkan karena dari dua kali tes swab, hasilnya negatif.

S memiliki riwayat perjalanan ke Surabaya untuk mengikuti Pelatihan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKIH) pada 9-18 Maret 2020 di Asrama Haji Sukolilo.

Di sisi lain, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Probolinggo memastikan pengawasan kesehatan pekerja di Pelabuhan Probolinggo, diperketat.

Hal ini disampaikan Subri, terkait adanya seorang anak buah kapal (ABK) yang meninggal dengan status pasien dalam pemantauan (PDP). “Sebenarnya, sebelum maraknya wabah korona, pengawasan kesehatan pekerja pelabuhan sudah ketat. Termasuk, di pelabuhan ini ada tim kesehatan sendiri. Terkait kedatangan orang-orang dari luar Kota Probolinggo, baik regional maupun internasional, sudah ada protap. Insyaallah protap sudah on track,” ujarnya.

Subri mengatakan, jika ada ABK baru, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) wajib melaporkan ke Dinas Kesehatan Kota Probolinggo secara tertulis. Sehingga, bisa diketahui pergerakannya. “Screening ini sebenarnya sudah dilakukan oleh KKP,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kota Probolinggo mendapat tambahan seorang pasien positif korona yang bekerja sebagai ABK. Pasien itu memiliki riwayat perjalanan ke Maluku. Beberapa hari sebelumnya, ada seorang pasien dengan status PDP meninggal dunia di RSUD dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo. Pasien itu merupakan seorang ABK asal Sulawesi dan sakit saat berada di Kota Probolinggo. (put/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Petani Resah Lagi Pupuk Subsidi Langka di Pasaran

Petani di Kabupaten Probolinggo kembali diresahkan dengan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi.

Terima 68 Pengajuan Pelimpahan Haji Ahli Waris di Kab Pasuruan

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan terus menerima pengajuan pelimpahan porsi haji kepada ahli waris.

DLH Sudah Laporkan Tumpahan Batu Bara di Perairan Sekitar PLTU Paiton

DLH sudah melaporkan kejadian itu kepada kementerian LHK pada tahun 2018.

Mau ke Blitar, Ambulans Muat Jenazah Terbakar di Tol Gempan

Keluarga yang mengendarai di belakang ambulans sempat melihat, ambulans mengeluarkan percikan api dari knalpot. Seketika itu ambuilans berhenti

Enam Pegawai BPBD Kab Probolinggo Positif Covid-19

Dari 60 pegawai yang di-swab, sebanyak 6 pegawai terkonfirmasi positif covid-19.