Hari Pertama Tes CPNS Kota Probolinggo, 77 Peserta Langsung Gugur

MAYANGAN, Radar Bromo – Hari pertama tes CPNS Kota Probolinggo dipastikan ada 77 peserta dinyatakan gugur. Sebab, mereka tidak hadir dalam tes yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Nelayan, Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan, kemarin (27/1).

Sebelum tes, registrasi sesi pertama dilakukan pukul 09.00-09.30. Sedangkan jadwal tes dimulai pukul 10.00 sampai 11.30.

“Bagi yang datang terlambat dan tidak hadir saat tes, secara otomatis gugur dalam tes CPNS ini,” ujar Ngatmari, kepala Bidang Formasi, Informasi dan Mutasi, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo, kemarin (27/1).

Ngatmari menjelaskan, peserta yang datang lebih dulu diarahkan ke meja registrasi untuk mengisi daftar hadir. Setelah itu, baru ke ruangan yang digunakan untuk tempat penyimpanan tas dan barang milik peserta.

“Setelah diarahkan ke meja panitia untuk mengambil pin, baru peserta diarahkan ke meja panitia lain untuk mencocokan pin peserta yang sudah ada,” ujarnya.

Setelah itu, peserta harus melalui pemeriksaan yang dilakukan petugas kepolisian. Pemeriksaan ini dilakukan secara manual dan menggunakan metal detector.

“Setelah pemeriksaan, peserta masuk ke ruang isolasi. Di sana mereka mendengarkan informasi mengenai proses pelaksanaan tes,” ujarnya.

Tepat pukul 09.30, peserta masuk ke ruangan tes. Sampai pukul 10.00, jika ada peserta yang terlambat masih diperbolehkan untuk mengikuti tes CPNS.

“Kalau pada pukul 10.00, peserta ada yang masih di meja pendaftaran pertama, maka sudah tidak boleh mengikuti tes. Tapi, jika pukul 10.00 sudah di pemeriksaan polisi, masih bisa kami komunikasikan dengan panitia di ruangan tes,” jelasnya.

Hari pertama tes CPNS terdiri atas empat sesi. Masing-masing sesi diikuti 150 peserta. Namun, berdasarkan data panitia tes CPNS, ada 77 orang yang tidak datang ke lokasi tes.

Rinciannya antara lain sesi I ada 24 orang peserta tidak hadir; sesi II ada 20 orang tidak hadir; sesi III sebanyak 20 peserta tidak hadir; dan sesi IV tercatat ada 13 orang tidak hadir. (put/hn)