2 Hari, 14 Pasien Covid-19 di Kab Probolinggo Sembuh

KRAKSAAN, Radar Bromo– Dua hari terakhir, pasien positif Covid-19 yang sembuh terus bertambah di Kabupaten Probolinggo. Jumlahnya mencapai 14 orang. Dengan demikian, pasien positif sembuh menjadi 48 orang.

Tiga pasien dinyatakan sembuh pada Selasa (26/5). Sedangkan 11 pasien, baru kemarin (27/5) dinyatakan sembuh.

“Alhamdulillah, pasien positif yang sembuh bertambah 14 orang, ” terang dr. Anang Budi Yoelijanto, jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo.

Tiga pasien yang sembuh Selasa, semuanya berjenis kelamin laki-laki. Yaitu dari Desa Blado Kulon, Kecamatan Tegalsiwalan; Desa Curahsawo, Kecamatan Gending; dan Desa Tamansari, Kecamatan Dringu. Ketiganya masuk dalam klaster pemudik dari hasil karantina di tingkat desa.

Sementara 11 pasien yang dinyatakan sembuh kemarin berasal dari tiga klaster yang berbeda. Yakni, Klaster Tenaga Kesehatan sebanyak dua orang. Yaitu, dari Desa Muneng, Kecamatan Sumberasih dan Desa Curah Dringu, Kecamatan Tongas.

Selanjutnya, Klaster Temboro empat orang. Mereka terdiri atas laki-laki berusia 58 tahun, perempuan berusia 52 tahun, laki-laki berusia 16 tahun, dan laki-laki berusia 11 tahun. Keempatnya berasal dari Desa Kalirejo, Kecamatan Dringu.

Dan Klaster Pelangi karena perjalanan dari beberapa daerah. Yakni, dari Desa Sambirampak Kidul, Kecamatan Kotaanyar; Desa Asembagus, Kecamatan Kraksaan; dari Desa Tlogosari, Kecamatan Tiris; dari Desa Sumbercenteng, Kecamatan Kotaanyar; dan dari Desa Plampang, Kecamatan Paiton.

Mereka semua dinyatakan sembuh setelah dua kali tes swab hasilnya negatif. Untuk 11 pasien yang dinyatakan sembuh kemarin, hasil tesnya sebagian dari Surabaya. Namun, yang paling banyak dari Tes Cepat Molekuler (TCM) dengan metode Polymcrase Chain Reaction (PCR) di RSUD Waluyo Jati Kraksaan.

“Sebelas pasien ini tidak punya penyakit lain karena memang OTG (Orang Tanpa Gejala). Selanjutnya, mereka tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing selama 14 hari dengan terus menerapkan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya. (sid/mie)