Lima PDP di Kab Pasuruan Dipastikan Negatif Korona

PANDAAN, Radar Bromo – Lima warga yang berstatus PDP (pasien dalam pemantauan) di Kabupaten Pasuruan, dipastikan negatif korona. Kepastian ini disampaikan ketua harian satgas pencegahan dan pemberantasan Covid-19 Kabupaten Pasuruan Anang Syaiful Wijaya, Rabu (25/3).

Anang –panggilannya- menegaskan, hasil tes pada lima warga itu baru turun. “Hasil tesnya baru saja turun, sekitar pukul 18.40. Dan kelima orang itu dinyatakan negatif korona,” tuturnya.

Saat ini mereka semua sedang diisolasi di RSUD Bangil, sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Jatim. Mereka akan dirawat sampai kondisinya sehat. “Selama ini, mereka punya penyakit bawaan. Ada yang sakit jantung, TBC, dan diabetes,” tuturnya.

Di sisi lain, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) Kabupaten Pasuruan bertambah. Sebelumnya berjumlah dua orang, kini total menjadi empat orang.

Empat orang berstatus ODP tersebut, dikatakan Anang, sudah terdata oleh tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan. Namun, untuk nama, umur, serta alamatnya masih dirahasiakan.

Mereka tetap intensif mendapat pemantauan atau terus diawasi oleh petugas dari Dinkes. Baik tenaga kesehatan dari Puskesmas maupun surveylan.

“Pastinya sudah terdata, juga dipantau. Kondisinya sehat dan posisinya di karantina di rumah masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, orang dalam risiko (ODR) di Kabupaten Pasuruan jumlahnya tetap. Total ada 220 orang.

“Untuk ODR-nya masih tetap, belum ada perubahan. Jumlahnya 220 orang. Mayoritas dari guru dan murid SMPN 1 Beji yang baru pulang wisata di Bali pekan lalu,” ucapnya.

Di lapangan, ODR terus didampingi dan dipantau secara itensif oleh petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan. Baik di datangi ke rumahnya, maupun yang bersangkutan datang ke puskesmas terdekat.

Semua ODR tersebut, menurutnya, tinggal di rumah masing-masing dan dilarang keluar atau bepergian hingga minimal 14 hari.

“ODR yang ada dan jumlahnya lumayan banyak ini, terus kami pantau perkembangannya. Sejauh ini kondisi kesehatannya stabil, tidak ada keluhan sakit,” tegasnya. (zal/hn)