alexametrics
32.5 C
Probolinggo
Friday, 27 November 2020

Gus Ipul Nomor 1,Teno Nomor 2, Apa Arti Nomor Urut Ini Bagi Paslon ?

GADINGREJO, Radar Bromo– Rapat Pleno Pengundian Nomor Urut Paslon Pilwali Pasuruan 2020 digelar, Kamis (24/9). Paslon Saifullah Yusuf-Adi Wibowo (Gus Ipul-Mas Adi) mendapat nomor urut satu. Sedangkan rivalnya Raharto Teno Prasetyo-Mochammad Hasjim Asjari (Tegas) dapat nomor urut dua.

Pengundian nomor urut itu terbilang unik. Sebelumnya, masing-masing calon wakil wali kota diminta mengambil undian abjad huruf A hingga E. Mochammad Hasjim Asjari diberi kesempatan pertama mengambil gulungan kertas undian, karena lebih dulu mendaftar di KPU. Kemudian, disusul Adi Wibowo.

Keduanya membuka gulungan kertas itu bersamaan dan ditunjukkan kepada peserta rapat pleno. Kertas yang diambil Hasjim tertulis huruf C, sedangkan Adi mendapatkan huruf E. Itu artinya, paslon Tegas dapat kesempatan pertama mengambil undian nomor urut.

Nomor urut yang diambil Teno dan Gus Ipul tersimpan di dalam kendi. Karena itu, kendi lebih dahulu dipecahkan bersamaan. Baru mereka mengambil nomor urut. Setelah itu, Gus Ipul dan Teno langsung mengacungkan jemarinya sesuai nomor urut yang didapat.

Sejumlah ketua parpol pengusung Gus Ipul-Mas Adi kompak mengeluarkan poster nomor satu. Sementara, pentolan parpol pengusung Tegas, menyematkan sal kepada Teno dan Hasjim.

Ketua KPU Kota Pasuruan Royce Diana Sari mengatakan, nomor urut dan paslon telah ditetapkan untuk mencatat surat suara, keperluan kampanye dan dipasang di setiap tempat pemungutan suara pada hari pemungutan suara.

“Nomor urut ini sudah bisa digunakan untuk keperluan kampanye dua paslon. Berlaku sejak ditetapkan pada 24 September,” katanya.

Calon Wali kota nomor urut satu, Gus Ipul mengatakan, momentum Pilwali harus menjadi bagian dari proses demokrasi yang harus dilalui. Sekaligus, bisa menjadi proses pendewasaan politik dalam memilih pemimpin.

“Tentu dengan komitmen mengikuti tahapan dengan taat ketentuan dan selalu mengutamakan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Gus Ipul juga sempat mengucapkan selamat kepada paslon Tegas yang mendapatkan nomor urut dua. “Kepada Mas Teno dan Mas Hasjim, keduanya sahabat saya. Saya ucapkan selamat telah mendapatkan nomor dua dan kami dipilihkan nomor satu,” katanya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gus Ipul juga sempat melontarkan pantun. “Kalau ada pintu, kenapa harus lewat jendela. Kalau ada nomor satu, kenapa harus….lewat jendela,” tuturnya disambut gelak tawa pendukungnya.

BAKAL BERKONTESTASI: Setelah dapat nomor urut, dua paslon akan melanjutkan kampanye hingga pencoblosan 9 Desember nanti. (Foto: M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Sementara, calon Wali Kota nomor urut dua, Teno mengaku pasrah dengan nomor urut yang didapat. Ia yakin, berapapun nomor urut paslon sama-sama baik. Sebab, itu hanya sarana untuk proses pemilihan nanti.

“Sebuah keyakinan hati, kami pasrah lillahitaala bahwa semua nomor urut itu baik. Insyaallah, nomor urut dua sebuah keberkahan,” ujarnya.

Teno juga memastikan timnya tetap solid demi memenangkannya pada 9 Desember nanti. Menjelang masa kampanye, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi dengan parpol pengusung dan pendukung.

“Tetap menjalankan sebuah konsolidasi dan konsolidasi yang dikoordinir oleh ketua tim. Saya pastikan bahwa koalisi pengusung tidak tercerai-berai kami tetap solid,” ujarnya.

Ketua Tim Pemenangan Tegas, Aminurokhman menyebut, nomor urut dua bagi paslonnya menjadi sebuah keyakinan bahwa Teno akan punya kesempatan dua kali memimpin Kota Pasuruan. “Apapun yang sudah dilakukan, kami sadar akan kami sempurnakan pada periode kedua ini,” jelasnya. (tom/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Rencana Penutupan Pasar Tugu, Satpol PP Siapkan Sosialisasi  

Satpol PP mengusulkan dilakukan sosialisasi, pada Minggu (29/11). Selanjutnya, Minggu (6/12), mulai ditutup.

Disuplai Bibit Kedelai 11 Ton dari Pusat

Kebijakan penetapan target bahan pangan sepenuhnya ditentukan oleh Provinsi Jawa Timur.

Tandon Cuci Tangan di Kota Probolinggo Banyak yang Kosong

Upaya Pemkot Probolinggo mencegah penyebaran Covod-19, perlu mendapat perhatian.

Target Lahan Tanam Padi Digenjot Mumpung Musim Hujan

Sebanyak 10.000 hektare lahan pertanian milik petani dibantu bibit padi.

Jumlah Guru di Kab Pasuruan Bertambah, Anggaran Membengkak

Dalam rapat sebelum pengesahan APBD 2020 Kabupaten Pasururan, ada 3.504 guru honorer yang mendapat insentif sebesar Rp 400 ribu dari Pemkab Pasuruan.