Pulang dari Maladewa, Warga Pilang Positif Korona

PROBOLINGGO, Radar Bromo-Seorang pria berusia 42 tahun asal Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo dinyatakan positif korona. Ia baru pulang dari Maladewa.

Saat ini, pria tersebut sedang menjalani perawatan di RSUD dr Mohammad Saleh Kota Probolinggo. Juru bicara (jubir) satgas percepatan penanganan covid 19 kota Probolinggo, dr. Abraar HS Kuddah mengungkapkan, pasien positif ini kesehariannya tinggal di Maladewa sebagai koki.

Namun, pekan lalu ia memutuskan untuk pulang ke Kota Probolinggo. Dan sesuai aturan dari pemerintah, pria ini langsung di isolasi di SMPN 2 Kota Probolinggo.

Saat diisolasi inilah, pria tersebut mengalami gejala batuk dan pilek. Pihak Satgas lantas melakukan rapid test dan dinyatakan reaktif. Selanjutnya pada hari kelima dari masa karantina, satgas melakukan tes swab.

Hasilnya baru keluar minggu lalu (25/5). Hasil tes swab menyatakan jika pria ini positif covid 19. “Pasien positif ini merupakan warga Kota Probolinggo. Namun kesehariannya ia tinggal di Maladewa karena profesinya sebagai koki di sana. Sengaja tes swab kami lakukan di hari kelima agar hasilnya kuat,”ungkapnya.

Abraar menjelaskan, saat ini pasien tersebut sedang dirawat di RSUD dr Mohammad Saleh. Kondisinya pun mulai membaik. Kepada petugas medis RSUD setempat dan tim satgas penanganan covid 19 Kota Probolinggo, pasien ini mengaku berterima kasih.

Bahkan jika ia nantinya dinyatakan sembuh, maka ia akan menjadi motivator bagi pasien covid 19 lainnya di Kota Probolinggo agar tetap semangat selama menjalani perawatan.

“Kondisi pasien saat ini baik. Ia dirawat dan diawasi oleh tim medis RSUD dr Mohammad Saleh Kota Probolinggo. Terkait darimana ia terpapar virus covid 19 kami belum bisa pastikan. Diduga ya saat masih di Maladewa,”sebut Abraar. (riz/mie)