Duh, Keempat Kalinya Kotak Amal Masjid Al Hidayah Probolinggo Dibobol

MAYANGAN, Radar Bromo – Dua kotak amal Masjid Al Hidayah di Jalan Basuki Rachmad, Kota Probolinggo, dicuri. Takmir masjid mengetahui aksi pencurian itu Jumat (24/1) waktu salat Subuh.

Diduga pencuri masuk dengan cara merusak teralis jendela. Kemudian, mencuri uang di dua kotak amal yang ada.

Adalah Neman Wijaya, salah satu takmir Masjid Al Hidayah yang mengetahui kali pertama pencurian dua kotak amal itu. Saat itu dirinya datang ke masjid menjelang Subuh.

“Saya kan pegang kunci masjid. Menjelang Subuh pintu masjid saya buka. Saat itu saya tahu, teralis jendela di sisi utara terbuka. Lalu gembok dua kotak amal rusak,” katanya.

Aksi pencurian itu sendiri terekam CCTV. Kendati demikian, pihaknya belum mengetahui secara detail siapa pelakunya.

“Saya tidak kenal pelakunya. Mudah-mudahan rekaman itu (CCTV, Red) dapat mengungkap pelakunya,” imbuhnya.

Beruntung, menurut Neman, uang yang ada di dua kotak amal itu sudah diambil Kamis (23/1) siang. Karena itu, uang yang ada di kotak amal tidak banyak jumlahnya.

“Uang di dua kotak amal itu sudah diambil oleh takmir masjid, Kamis (23/1) usai Duhur. Jadi, isinya yang dicuri hanya sedikit,” imbuhnya.

Pencurian kotak amal di Masjid Al Hidayah tidak sekali ini terjadi. Namun, merupakan yang keempat. Sebelumnya, telah terjadi tiga pencurian serupa.

Yang pertama yaitu pada 13 September 2018, kotak amal di Masjid Al Hidayah dicuri. Pencuri juga membobol teralis jendela.

“Dulu teralis dipotong pencuri, kemudian oleh takmir dilas. Sekarang ini teralis dicongkel,” beber Neman ditemani Nur Ali, takmir masjid yang lain.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Mayangan Iptu Mugi mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan pencurian kotak amal di Masjid Al Hidayah. Pihaknya pun sedang menyelidiki kasus itu.

“Kami selidiki dulu terkait aksi pencurian itu,” singkatnya. (rpd/hn)