Truk dan Motor Dilalap Api di Akses ke Bromo, Ini Pemicunya

SUKAPURA-Sebuah Truk bernopol N 8948 LI yang bermuatan empat jeriken bahan bakar pertalite terbakar di jalan raya bromo, tepatnya di utara SPBU masuk Desa/Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jumat petang (24/8). Tak ada korban jiwa dalam insiden itu. Namun, sebuah truk dan motor hangus terbakar.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo menyebutkan, kejadian tersbut terjadi sekitar pukul 16.00. Sore itu, truk yang dikemudiakan Tomi, warga Dusun Kledung, Desa Kedasih, Sukapura itu hendak pulang dari membeli pertalite di SPBU setempat.

Saat itu, Tomi bersama sang pemilik mobil, Siswohadi yang merupakan tetangganya. Saat keluar dari SPBU, nampak ada ceceran pertalite. Ceceran pertalite tersebut diduga berasal dari kendaraan yang dikemudikan oleh Tomi.

Nah, akibat adanya ceceran pertalite itu, motor yang dikendarai oleh Jumaat, warga Desa Ngadas, Kecamatan Ponco Kusumo, Kabupaten Malang, oleng dan terjatuh. Tidak di sangka, tarjatuhnya motor Jumaat itu menimbulkan percikan api.

Akibatnya pun fatal. Api menjalar hingga sampai bak truk. “Akibat ceceran itu menjadikan jalan licin. Dan berdampak kepada pengendara lain yang dalam hal ini adalah Jumaat. Saat itu Jumaat terjatuh dan kendaraannya itu menimbulkan percikan api sehingga kemudian membakar motor dan truk,” ujar Kanit Reskrim Sukapura Bripka Apri.

Karena yang dimuat truk tersbut memang BBM jenis pertalite, menjadikan api mudah menjalar. Bahkan sempat ada ledakan kecil. Di duga ledakan tersebut dari jeriken yang berisi pertalite.

Melihat hal itu, warga berusaha semamupunya untuk memadamkan. Namun, karena api yang cepat membesar truk terbakar hingga hangus.

“Isinya kan memang bensin atau pertalite. Jadi apinya mudah membesar. Sehingga kendaraan tersbut hangus tak terisa,” tambahnya.

Beruntung, saat kejadian pengemudi baik pemilik bisa menyelamatkan diri. Sehingga, meskipun truk terbakar sampai hangus tidak sampai ada korban jiwa.

Dari keterangan Siswohadi, ia setiap hari kulakan bensin di SPBU setempat. Rencanya, pertalite tersbeut hendak dijual kembali di daerah tempat tinggalnya. Sedangkan jumaat mengaku hendak pulang. Ia baru saja menghadiri kondangan di daerah Sapih, Kecamatan Lumbang. (sid/mie)