SDN Kurung II Kejayan Dibobol, Kerugian Belasan Juta

KEJAYAN–SD Negeri Kurung II, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, dibobol maling. Sejumlah barang elektronik raib digondol pelaku. Pelaku diperkirakan beraksi Kamis dini hari (23/8). Akibat peristiwa tersebut, kerugian sekolah ditaksir mencapai belasan juta rupiah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SDN II Kurung Chuzaini mengatakan, peristiwa itu baru diketahui sekira pukul 05.00 oleh salah seorang guru yang hendak masuk kantor. Saat itu, guru tersebut melihat kondisi pintu kantor sudah rusak. Terdapat bekas congkelan di pintu yang biasanya selalu dikunci usai kegiatan belajar mengajar.

Guru tersebut langsung memeriksa beberapa inventaris kantor. “Kemudian dicek, ternyata memang ada barang-barang yang hilang,” katanya. Barang yang hilang itu di antaranya laptop, scanner, dan televisi. Selain itu, piano, VCD, sound system, dan amplifier juga hilang.

“Semuanya tersimpan di kantor,” tambahnya singkat. Mendapati informasi tersebut, pihak sekolah melaporkan kejadian itu ke kepolisian setempat.

Terpisah, Kapolsek Kejayan AKP Sumaryanto membenarkan aksi pencurian tersebut. Sejauh ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan. “Tadi pagi kami sudah menerima laporannya. Kemudian kami langsung mendatangi TKP untuk menghimpun keterangan dari saksi-saksi,” katanya.

Ia menjelaskan, seluruh barang yang hilang itu merupakan inventaris sekolah. Hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), diduga pelaku masuk area sekolah melalui pintu depan. Hal itu diperkuat dengan adanya bekas congkelan pada pintu kantor.

“Karena kami lihat ada bekas congkelan kuncinya. Dugaan sementara, pelaku masuk dengan cara lompat gerbang. Karena gerbangnya masih dalam kondisi tertutup,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sumaryanto menegaskan, pihaknya akan mendalami kasus pencurian tersebut. “Ini masih tindakan awal. Hari ini sudah ada satu guru yang diperiksa. Mungkin besok dan seterusnya akan kami lanjutkan pemeriksaan saksi,” jelasnya. (tom/rf)