3 Kasus Positif Baru Kab Pasuruan; 1 dari Bangil-2 Gempol, 1 Meninggal

BANGIL, Radar Bromo— Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten kembali bertambah, per Minggu (24/5). Ada tambahan lagi 3 pasien yang positif korona. Yaitu 2 dari Kecamatan Gempol dan 1 dari Bangil.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya mengatakan, tambahan itu dari hasil swab yang keluar Minggu (24/5). Tercatat ada 3 kasus baru. Terdiri dari 1 laki-laki berusia 32 tahun dari Kecamatan Bangil, serta 2 laki-laki dari Kecamatan Gempol berusia 59 dan 38 tahun.

Untuk warga Bangil yang terkonfirm positif, merupakan pegawai sebuah perusahaan di Surabaya. Sebelumnya pasien itu sudah dirawat di RSUD dr Soetomo, Surabaya.

Pasien ini merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Setelah dinyatakan positif Covid-19, saat Lebaran, langsung dijemput untuk diisolasi di RSUD Bangil atau Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pandaan.

“Untuk warga Bangil ini info detailnya masih belum diketahui jelas. Kami hanya menerima kiriman data pasien dari RSUD dr R Soetomo yang menyatakan bahwa pasien ini berasal dari Kabupaten Pasuruan,” terang Anang.

Sedangkan 2 warga lainnya yang berasal dari Gempol. Seorang diantaranya merupakan Pasien dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di RSSA Malang yang datang pada 20 Mei lalu. PDP ini didiagnosis memiliki pneumonia dan gangguan ginjal. Pasien ini ditetapkan sebagai PDP setelah di-rapid test hasilnya reaktif. Selanjutnya, hasil swab menyatakan positif.

“Pasien ini sudah masuk RSSA Malang pada tanggal 20 Mei, namun hari kemarin (Sabtu) sekitar pukul 10.00 meninggal dunia dan dimakamkan sore harinya pukul 16.00,” jelas Anang.

Sedangkan warga Gempol lainnya laki-laki 59 tahun yang positif covid-19 merupakan pasien RSUD Sidoarjo. Pasien itu diisolasi di RSUD Sidoarjo sampai sembuh.

Namun, Gugus Tugas Kabupaten Pasuruan masih belum mendapatkan banyak keterangan terkait riwayat pasien tersebut.

“Untuk Pasien ini riwayat dan diagnosis masih belum kami terima. Namun akan dirawat di RSUD Sidoarjo sampai sembuh,” terangnya.

Dengan begitu, sampai Minggu sore, total ada 76 warga Kabupaten Pasuruan yang dinyatakan Positif Covid-19. Sedangkan jumlah PDP Covid-19 juga bertambah 1 orang dari Kecamatan Grati.

PDP itu adalah laki-laki berusia 79 tahun yang didiagnosis pneumonia dan gangguan paru klinis. Saat ini pasien itu dirawat di RSUD Bangil bersama pasien PDP Covid-19 lainnya.

Sehingga, jumlah PDP mencapai 122 orang dan ODP tidak ada penambahan mencapai 272 orang. (eka/mie)