alexametrics
31C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

TAA Polda Jatim Olah TKP Kecelakaan Maut Purwodadi, Begini Hasilnya

PURWODADI,Radar Bromo – Ditlantas Polda Jatim langsung turun ke lokasi kecelakaan di jalan nasional jurusan Malang-Surabaya, Desa Sentul, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Siang menjelang sore, tim Traffic Accident Analysis (TAA) Ditlantas Polda Jatim tiba di lokasi kecelakaan.

Setibanya di lokasi, mereka langsung melakukan olah TKP dengan didampingi Unit Laka Satlantas Polres Pasuruan. Bahkan, Dirlantas Polda Jatim Kombespol Budi Indra Dermawan juga turun ke lokasi.

“Tim TAA kami terjunkan ke lapangan untuk melakukan olah TKP. Sekaligus sekat TKP mulai dari sebelum, setelah kejadian. Untuk kemudian dianalisis,” jelas Dirlantas Polda Jatim Kombespol Budi Indra Dermawan.

MENGERIKAN: Trailer yang menghantam sejumlah kendaraan. (Foto: Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

 

Namun, Budi belum bisa menentukan penyebab kecelakaan maut itu. Menurutnya, penyebabnya akan diketahui setelah olah TKP dan pemeriksaan saksi-saksi.

“Kami belum bisa menentukan apa penyebab kecelakaan. Entah itu rem blong atau sopir ngantuk, tidak bisa kami tentukan sekarang,” katanya.

Jika dilihat dari medannya, menurut Budi, posisi jalan menurun. Tepatnya setelah flyover Lawang atau sekitar satu kilometer sebelum TKP.

“Sepertinya, truk tidak bisa dikendalikan oleh pengemudi. Nanti akan dicek lebih lanjut, karena faktor kendaraan atau pengemudinya. Atau bisa juga insfrastruktur, nanti dilihat,” lanjutnya.

Kemudian, terkait jalur trouble dan black spot, ia tegaskan di setiap daerah ada. Termasuk di Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Tergantung dari pengemudi dalam mengendarai kendaraannya. “Karena harus disiapkan dulu kondisinya sebelum berangkat,” ujarnya.

Sementara itu, selama proses evakuasi dan olah TKP berlangsung, kemacetan panjang terjadi di ruas jalan nasional ini. Baik dari arah Surabaya ke Malang maupun sebaliknya.

Petugas pun menerapkan contraflow. Juga pengalihan kendaraan roda empat melalui tol Pandaan – Malang. (zal/hn/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU