Satu Pelaku Pembunuhan Sales Motor Dibekuk, Polisi: Motifnya Gadai Motor

SEBAGAI EKSEKUTOR: JM (duduk), salah satu dari lima pelaku pembunuhan terhadap Ribut Setiawan. Foto inset: Jenazah korban saat berada di hutan jati di Dusun Rawi Barat, Desa Ambal-ambil, Kejayan. (Foto: Jatanras Polda Jatim for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BANGIL, Radar Bromo – Kepolisian berhasil mengungkap pembunuhan Ribut Setiawan, 32, warga Dusun Gamoh, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Tim gabungan dari Satreskrim Polres Pasuruan dan Jatanras Polda Jatim berhasil membekuk satu dari lima orang yang diduga menjadi pelaku pembunuhan korban.

Seorang pelaku yang diringkus itu disebut-sebut berinisial JM, warga Desa Ambal Ambil, Kejayan. Ia disebut-sebut menjadi eksekutor dalam penganiayaan yang akhirnya menyebabkan korban meninggal dunia.

Informasi yang diperoleh Jawa Pos Radar Bromo, sebelum membekuk JM, polisi melakukan penyelidikan maraton. Penyelidikan dilakukan tim gabungan Satreskrim Polres Pasuruan dan Jatanras Polda Jatim.

Sebelum menghabisi Ribut Setiawan, JM bersama empat pelaku lainnya melakukan penyekapan terhadap korban. Penyekapan itu dilakukan setelah adanya pertemuan antara para pelaku dengan korban di wilayah Pandaan.

“JM adalah salah seorang pelaku utama dari total lima pelaku yang ada. JM adalah eksekutor. Untuk yang lain identitasnya sudah diketahui, sekarang dalam pengejaran,” jelas Iptu Fauzi dari Jatanras Polda Jatim.

Lebih lanjut Fauzi mengatakan, Minggu malam (15/9) sekitar pukul 20.00, korban dijemput JM dan kawan-kawan naik mobil saat berada di Desa Durensewu, Kecamatan Pandaan. Tanpa merasa curiga, korban lalu ikut ke dalam mobil.

Nah, saat korban di dalam mobil itulah, diduga para pelaku melakukan penganiayaan. Kabarnya, korban sempat melakukan perlawanan. Lantaran kalah jumlah, korban kemudian terluka. Apalagi, tangan dan kakinya dalam posisi diikat.

Penganiayaan itu membuat Ribut Setiawan akhirnya meregang nyawa. Begitu tahu korban tewas, korban kemudian dibawa ke Ambal-Ambil untuk dibuang. Saat jasad korban dibuang itu, kelima pelaku melibatkan dua orang lain yang sekarang masih dalam perburuan tim gabungan.

Entah apa yang melandasi para pelaku tega menghabisi nyawa korban. Namun, aksi pembunuhan korban tersebut, disebut-sebut masalah gadai motor.

Salah satu pelaku pernah menggadaikan motor ke rekan Ribut. Namun, karena motor itu tak jelas keberadaannya, Ribut akhirnya menjadi sasaran. Hingga akhirnya, menjadi korban pembunuhan. “Informasinya karena kasus gadai motor,” ungkap sumber Jawa Pos Radar Bromo di lingkungan kepolisian.

Adanya temuan jasad Ribut di tengah hutan jati di Dusun Rawi Barat, Desa Ambal-Ambil, mengundang perhatian banyak pihak. Hingga akhirnya, kabar temuan mayat tersebut diketahui petugas yang kemudian melakukan penelusuran.

Upaya penelusuran itu membuahkan hasil. Setelah menggali informasi dan petunjuk yang ada, akhirnya terungkaplah salah satu pelaku di antara mereka. Petugas gabungan bergerak ke rumah salah satu tersangka dan melakukan penangkapan.

Penangkapan itu dilakukan Minggu (22/9) dini hari. “Kami menangkapnya saat tersangka berada di rumahnya, sekitar pukul 01.00. Tidak ada perlawanan,” pungkasnya.

“Empat pelaku utama lainnya, termasuk driver mobil, semuanya berasal dari Kabupaten Pasuruan. Tidak ada orang luar daerahnya. Mereka satu dengan yang lain saling kenal,” beber Fauzi.

TINGGALKAN KELUARGA: Jenazah Ribut Setiawan saat masih di TKP. Inset: Ribut Setiawan bersama keluarganya semasa hidup. (Dok. Radar Bromo)

Saat ini empat pelaku lainnya masih dalam pengejaran. Tim gabungan juga memburu dua orang lainnya yang  terlibat dalam kasus ini dan turut serta membantu saat membuang jenazah korban.

“Para pelakunya raja tega, dari jumlah yang ada. Selama ini ada yang menjadi residivis kasus curanmor dan pemerkosaan. Sekarang fokus kami kejar dan menangkap pelaku lainnya yang saat ini belum tertangkap,” bebernya.

Seperti diketahui, Warga Dusun Rawi Barat, Desa Ambal-Ambil, Kejayan, dibuat gempar, Senin (16/9) pagi. Itu, setelah sesosok jenazah lelaki ditemukan di kawasan sekitar. Korban dibunuh lantaran ada bekas luka benda tumpul di badannya. Korban pembunuhan itu adalah Ribut Setiawan, warga Dusun Lebaksari, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, yang sehari-harinya dikenal sebagai sales marketing sebuah diler motor. (one/zal/fun)