Covid-19 Buat Pemprov Jatim Instruksikan Perpanjang Belajar di Rumah

POHJENTREK, Radar Bromo – Provinsi Jawa Timur memperpanjang masa belajar di rumah untuk pelajar SMA/SMK di Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Pasuruan. Bahkan, UNBK untuk pelajar SMA pun diundur.

Indah Yudiani, kepala cabang Dinas Pendidikan Menengah wilayah Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan mengatakan, ada edaran dari Dinas Pendidikan Jawa Timur. Surat edaran yang turun Sabtu (21/3) malam itu mengatur tentang perpanjangan masa belajar di rumah.

“Memang benar ada edaran yang turun Sabtu (21/3) malam. Untuk pelajar SMA/SMK di bawah Pemprov Jawa Timur masa belajar di rumah diperpanjang sampai 5 April,” terangnya.

Semua kegiatan belajar di rumah awalnya dijadwalkan sampai 29 Maret. Namun, Gubernur Jawa Timur memperpanjang masa belajar di rumah sampai 5 April. Tujuannya, menekan penyebaran Covid-19 atau korona.

Selain memperpanjang masa belajar di rumah, UNBK SMA juga diundur. UNBK awalnya dijadwalkan tanggal 30 Maret – 2 April. Namun, dengan perpanjangan masa belajar di rumah, maka UNBK digelar tanggal 6-9 April.

“Edaran dari Dinas Pendidikan Jatim tersebut langsung kami sosialiasikan ke sekolah-sekolah. Termasuk agar pelajar juga mengetahui perpanjangan dan penundaan UNBK untuk SMA,” jelasnya.

Selama belajar di rumah, kegiatan belajar mengajar guru dan murid sudah diatur via daring. Baik melalui Google Class Room, Ruang Guru, termasuk dengan fasilitas WhatsApp atau SMS.

Harapannya, orang tua mendukung dan memberikan motivasi agar pelajar nyaman dan tetap semangat belajar di rumah. “Kami imbau orang tua juga turut mendukung dan persuasif agar anaknya nyaman dan tetap kondusif belajar di rumah,” terangnya.

Sementara itu, Heri Mulyono, Plt sekretaris Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Pasuruan mengatakan, sampai kemarin belum ada kebijakan perpanjangan masa belajar di rumah untuk siswa Pendidikan Dasar di Kabupaten Pasuruan. “Saat ini masih sama, masa belajar di rumah sampai 29 Maret. Jika ada kebijakan baru akan diinformasikan lebih lanjut dalam minggu ini,” terangnya. (eka/hn/fun)