Eks Satpam Ini Mengaku Curi Besi untuk Biaya Berobat Adiknya yang Sakit Ginjal

BANGIL – Pelarian Saiful Bahrin, 36, warga Klangkung, Desa Nogosari, Kecamatan Pandaan dan rekannya, Edi Purwanto, 37, warga Tawangrejo, Kecamatan Pandaan dari kejaran polisi akhirnya terhenti. Buron pelaku pencurian besi scaffolding ini diringkus, setelah sempat menghilang sejak 2016 silam.

Keduanya diringkus anggota Satreskrim Polres Pasuruan, Senin (20/8). Mereka ditangkap di rumahnya masing-masing, sekitar pukul 12.00.

Kasatreskrim Polres Pasuruan, AKP Budi Santoso menguraikan, aksi pencurian tersebut berlangsung September 2016 silam. Mereka melancarkan aksi pencurian besi scaffolding di area pembangunan ruko PT Meico Abadi, Desa Nogosari, Kecamatan Pandaan tidak sendirian. Karena, ada tiga rekannya yang lain yang turut beraksi.

Mereka adalah Ainul Yakin dan Suprapto yang telah tertangkap duluan. Sementara satu rekannya, W masih dalam pengejaran. Aksi itu berjalan mudah, lantaran keduanya merupakan satpam di area pembangunan ruko setempat.

“Mereka menyewa pikap. Selanjutnya, mencuri barang-barang di aera pabrik. Untuk kemudian dijual ke besi tua,” terang Busan-sapaan akrab Budi Santoso.

Sejumlah barang berharga yang ada di area pembangunan pabrik diembat. Mulai dari scaffolding sebanyak 2.576 buah, U-head sebanyak 2974 buah, keramik, bak mandi dan sejumlah barang-barang proyek lainnya. Mereka kemudian menjualnya seharga Rp 6 juta. “Hasilnya mereka bagi rata,” bebernya.

Kasus ini terbongkar, setelah pihak perusahaan, mengadukan ke kepolisian. Pihak kepolisian melakukan penelusuran hingga akhirnya menangkap satu persatu dari tersangka.

Kepada media ini, Saiful Bahrin mengaku, terpaksa melakukan aksi pencurian tersebut. Ia berdalih, terhimpit kebutuhan untuk biaya adiknya yang menderita sakit ginjal.

Saiful mengaku bisa dengan mudah menggondol barang-barang di area pembangunan ruko tersebut, lantaran sebelumnya ia menjadi satpam. “Saya merupakan satpam di tempat itu. Makanya, saya bisa mengambilnya dengan mudah,” sambungnya. (one/fun)