Eksotisnya Air Terjun Tirai Bidadari Tiris

TIRIS, Radar Bromo – Wisata air terjun di Kabupaten Probolinggo seolah tidak ada habisnya. Di Tiris, kini tengah dikembangkan wisata air terjun Tirai Bidadari di Desa Jangkang, Kecamatan Tiris.

Wisata ini menambah deretan wisata air terjun di kabupaten yang sudah dikenal sebelumnya. Seperti, air terjun Jaran Goyang dan Kalipedati di Krucil.

Wisata air terjun Tirai Bidadari ini, saat ini dikelola oleh LMDH Desa Jangkang. Lokasinya di perbatasan Desa Jangkang dan Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Dispora Parbud) Kabupaten Probolinggo Sugeng Winarto mengatakan, air terjun Tirai Bidadari akan menjadi salah satu spot wisata andalan di Kabupaten Probolinggo. Selain wisata air terjun Jaran Goyang dan Kalipedati.

“Air terjun Tirai Bidadari ini juga didukung dengan agrowisatanya. Seperti avokad, durian, dan kopi milik petani setempat. Sehingga, nanti bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan,” ujarnya.

ALAMI: Sejumlah bocah menikmati mandi dari air terjun Tirai Bidadari. (Zainal Arifin/Radar Bromo)

 

Warga setempat juga menyebut air terjun ini sebagai air terjun Purba, air terjun Pelangi, dan Gua Kelelawar. Sebab, memang lokasi ini menyimpan fenomena alam lain yang indah.

Biasanya pelangi bisa dilihat setiap pagi dan sore, ketika matahari sedang bersinar terang. Lalu, di sekitar air terjun juga ada lorong stalaktit yang mirip gua. Tempat ini dihuni ribuan kelelawar yang aktif keluar masuk gua.

“Biasa diakses lewat Dusun Lalangan RT 01/RW 01 Desa Jangkang dengan jarak 1,5 kilometer dari tempat parkir. Setelah itu, ditempuh dengan jalan kaki melalui areal perkebunan masyarakat dan hutan bambu Perhutani seluas setengah hektare,” ujarnya.

AKSES SEDERHANA: Jembatan bambu yang dimanfaatkan untuk akses ke air terjun Tirai Bambu. (Zainal Arifin/Radar Bromo)

 

Yulius Christian, kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo menambahkan, saat ini antusias warga untuk mengembangkan sektor pariwisata alam sangat tinggi. Karena itu, sejumlah wisata baru terus bermunculan dan dikembangkan oleh warga. Salah satunya, wisata air terjun Tirai Bidadari. Sebelumnya, juga ada wisata air terjun Jaran Goyang dan Kalipedati di Krucil.

Menurutnya, warga di sekitar lokasi wisata umumnya paham tentang pengaruh wisata pada perekonomian. Karena itu, warga pun antusias mengembangkan sektor wisata.

Di air terjun Tirai Bidadari misalnya, LMDH Desa Jangkang bersama warga sekitar membuka akses jalan menuju air terjun.

“Akses jalan menuju air terjun Tirai Bidadari itu merupakan lahan warga. Saat ini akses jalan itu mulai dilebarkan dan diperbaiki oleh pemerintah desa,” lanjut Yulius –panggilannya- saat mendatangi wisata air terjun Tirai Bidadari ini, Jumat (21/2). (mg1/hn)