Pandemi Korona, DPRD Kota Probolinggo Tetap Kunker ke Jateng-Jabar

KANIGARAN, Radar Bromo – Di tengah status siaga bencana nonalam karena wabah korona, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan imbauan untuk menunda pelaksanaan kunjungan kerja (kerja) jika tidak terlalu penting dan mendesak. Namun, dua komisi di DPRD Kota Probolinggo tetap berangkat.

Mereka sama-sama melakukan kunker ke luar Provinsi Jawa Timur. Yakni, Komisi II dan Komisi III. Komisi II kunker ke Bandung dan Komisi III ke Pemkab Kendal, Jawa Tengah.

“Betul. Kami ada kunjungan kerja ke Bandung. Di Bandung, ini cukup banyak UMKM yang berkembang serta mekanime penyaluran kredit usaha di sana,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kota Probolinggo Sibro Malisi, kemarin.

Disinggung mengenai adanya batasan kegiatan kunker di tengah wabah korona oleh Presiden, Sibro tidak menampik. Namun, kunker tetap dilaksanakan karena telah dipersiapkan jauh sebelum ada imbauan pembatasan kunker.

“Akomodasi sudah jauh hari dipersiapkan. Jika dibatalkan, maka setiap anggota paling tidak mengganti Rp 5 juta. Akhirnya, diputuskan tetap dilakukan kunker,” ujarnya. Kunker ini dilakukan sejak Senin-Kamis (16-19/3).

Mengenai kekhawatiran tertular korona, Sibro memastikan selama kunker akan selalu mengikuti protokol kesehatan. “Saat kunker juga dilakukan pemeriksaan suhu. Kami ikuti protokoler kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Probolinggo Agus Rianto juga membenarkan komisinya kunker ke Kendal. Menurutnya, proses pengajuan izin kunker ini sudah dilakukan jauh hari sebelum ada pembatasan kegiatan kunker. “Jadi, tetap diputuskan untuk dilakukan,” ujarnya.

Komisi III melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Kendal, Jawa Tengah, sejak Selasa (17/3). Direncanakan, mereka akan kembali hari ini (20/3). “Kunjungan ke Pemkab Kendal terkait pembangunan RSUD. Pemkab Kendal, ada rencana membangun RSUD baru pada 2019, tapi kemudian dibatalkan,” ujar Agus.

Sejatinya, Komisi I DPRD Kota Probolinggo juga dikabarkan melakukan kunker ke Bali. Namun, kabar itu dibantah oleh Ketua Komisi I Muhammad Jalal. “Tidak kemana-mana. Saya ada di rumah,” tulisnya melalui pesan singkatnya kepada Jawa Pos Radar Bromo. (put/rud)