alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Sehari, Pasien Positif Korona di Kab Probolinggo Bertambah 145

KRAKSAAN, Radar Bromo – Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo kembali meningkat. Jumat (18/9), ada tambahan 145 pasien baru. Tambahan ini merupakan yang tertinggi selama ini.

Dewi Veronica, Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo mengatakan, saat ini total ada 866 pasien positif. Dan per Jumat (18/9), ada tambahan 145 pasien positif.

Dari 145 kasus itu, yang terbanyak berasal dari klaster pabrik. Yaitu mencapai 85 kasus. Sisanya dari kontak erat dan pasien suspect atau probabel di rumah sakit. “Kebanyakan dari klaster pabrik yaitu mencapai 85 kasus,” ungkapnya.

Rinciannya, penyumbang kasus positif harian tertinggi yaitu Kecamatan Paiton sebanyak 24 kasus. Lalu, Kecamatan Kotaanyar sebanyak 20 kasus berada di posisi kedua. Dan penyumbang ketiga tertinggi adalah Kecamatan Pakuniran ada 16 kasus. Sehingga total secara kumulatif mencapai 38 kasus.

Selanjutnya berturut-turut yaitu, Kecamatan Kraksaan 15 pasien positif baru, Kecamatan Pajarakan dan Besuk masing-masing 14 kasus. Total di Kecamatan Pajarakan mencapai 59 kasus dan Kecamatan Besuk mencapal 51 kasus.

Lalu, Kecamatan Gending 10 kasus, Kecamatan Krejengan sebanyak 9 kasus, Kecamatan Maron dan Gading masing-masing 8 kasus. Kemudian, Kecamatan Banyuanyar dan Lumbang, masing-masing 2 kasus dan terakhir Kecamatan Tiris, Dringu dan Tongas masing-masing 1 kasus.

Satgas menurutnya, melakukan langkah-langkah khusus menyikapi banyaknya klaster pabrik tersebut. Di antaranya, melokalisir area operasional pabrik dengan menghentikan sementara kegiatannya. Baik secara kompartemen atau menyeluruh. Juga dilakukan disinfeksi dan sterilisasi pada seluruh area pabrik.

“Yang kedua yaitu memutus rantai penularan untuk pencegahan meluasnya penularan pada komunitas pabrik yang rentan terjadi transmisi Covid-19. Setiap pabrik wajib melakukan surveilans dan test PCR/TCM yang efektif untuk mempercepat pemisahan orang yang sakit atau bergejala dan orang yang sehat,” terangnya.

Tidak hanya itu, juga dilakukan tracing dan massive case finding yang dilakukan secara efektif pada kontak erat pasien terkonfirmasi positif. Baik pada keluarga atau komunitasnya.

“Ketiga yakni treatment. Yaitu, orang yang positif dari klaster pabrik segera diisolasi. Untuk positif tanpa gejala dirawat di rumah sehat dan pasien positif dengan gejala sedang sampai berat dirawat di rumah sakit,” tandasnya. (sid/hn/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Usai Donor Darah, Bold Riders-Super Soccer Pasuruan Tanam Pohon

Tanaman kayu putih dipilih karena ini adalah tanaman obat.

Jualan Buah di Jl Juanda, Putri Polisi Dijambret, Ini Modusnya  

Korban melaporkan pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Vario merah.

Innalillahi, Pulang Kerja, PNS Pemkab Pasuruan Tewas Tertabrak Truk Tronton

Sore itu, Slamet Supriyanto hendak pulang ke rumahnya usai bekerja. Ia mengendarai motor Honda Vario bernopol N 2175 TBL dari arah utara ke selatan.

Kaliputih Sumbersuko Gempol Kembali Tercemar Busa Berlimpah

Kondisi sungai tercemar busa itu bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan Agustus lalu, kondisi serupa juga pernah terjadi.

Komunitas Difabel Antusias Ikuti Donor Darah Bold Riders Probolinggo

Dalam aksi sosial ini, Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut serta menjadi pendonor.