Ada Nakes Positif Korona, Puskesmas Maron Ditutup

DITUTUP: Sebuah banner terpasang di salah satu pintu masuk Puskesmas Maron, Pasca ditemukan nakes terkonfirmasi positif senin (17/8) sore. Layanan sementara dialihkan pada puskesmas terdekat. (Foto: Istimewa)

Related Post

MARON, Radar Bromo – Terhitung mulai Senin (17/8) sore layanan di Puskesmas Maron, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, ditutup. Puskesmas ditutup karena ada tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Maron yang positif Covid-19.

Ditutupnya Puskesmas Maron dibenarkan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Boedi Yoelijanto. Menurutnya, Puskesmas Maron ditutup untuk disterilisasi karena ada nakes yang positif Covid-19. Namun, Nanang masih enggan menjelaskan ada berapa nakes di Puskesmas Maron yang positif.

“Benar, sejak sore tadi (kemarin sore, Red) Puskesmas Maton ditutup karena ada nakes yang positif Covid-19. Puskesmas Maron tidak melayani pasien. Penutupan dilakukan selama seminggu ke depan karena ada nakes terpapar,” terangnya.

Menurutnya, nakes positif Covid-19 itu diduga tertular saat memberikan layanan medis pada pasien positif Covid-19. Namun, nakes tersebut saat ini kondisinya sehat. Sehingga, masuk kasus konfirmasi tanpa gejala (asimptomatik) atau dulu disebut OTG.

“Nakes ini beberapa waktu lalu diperiksa dan hasilnya positif. Saat ini dia berada di rumah sehat dengan pengawasan ketat dari petugas medis,” tandasnya.

Saat ini upaya tracing oleh Gugus Tugas dilakukan secara luas dan mendalam. Baik pada seluruh pegawai di Puskesmas Maron yang berjumlah 83, maupun pada kontak erat lain. Kemudian, akan dilanjutkan pemeriksaan rapid test serta pemeriksaan swab.

“Seluruh pegawai akan diperiksa untuk memastikan siapa saja yang positif. Untuk memudahkan proses pemeriksaan itulah, Puskesmas Maron ditutup. Nanti setelah ditemukan pegawai yang negatif, maka layanan kesehatan akan kembali normal,” katanya.

Untuk tetap melayani kesehatan masyarakat selama sterilisasi dan proses pemeriksaan, layanan kesehatan di Kecamatan Maron dialihkan ke puskesmas terdekat sesuai dengan domisili pasien. Yaitu, di Puskesmas Suko, Condong, Klenang, dan Gending.

Nakes positif Covid-19 di Puskesmas Maron ini menambah deretan kasus Covid-19 yang terjadi pada nakes. “Karena itu, kami imbau masyarakat tidak menyepelekan protokoler kesehatan yang ada, gunakan masker dan rajin mencuci tangan. Agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan,” pungkasnya. (ar/hn)