alexametrics
26.2 C
Probolinggo
Saturday, 31 October 2020

Debat Paslon Pilwali Pasuruan Digelar Tiga Kali, Ini Jadwalnya

PURWOREJO, Radar Bromo – Debat kandidat pasangan calon (paslon) wali kota – wakil wali kota menjadi salah satu tahapan Pilwali Pasuruan 2020 yang dinanti. Kegiatan itu rencananya akan digelar tiga kali dengan tema berbeda.

KPU Kota Pasuruan memastikan, debat itu digelar dengan memerhatikan protokol kesehatan. Karena pihak yang diundang terbatas, maka debat itu disiarkan langsung di televisi.

Komisioner KPU Kota Pasuruan Divisi Sosdiklih dan Parmas, Nanang Abidin mengatakan, debat kandidat itu akan ditayangkan di televisi. Sehingga, bisa diketahui masyarakat luas. Terutama masyarakat Kota Pasuruan. Harapannya, masyarakat memiliki gambaran mengenai profil, visi misi dan program kerja dua paslon yang sedang berkompetisi.

“Melalui debat publik ini, kami berupaya memberikan informasi secara menyeluruh kepada pemilih sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan pilihannya,” terang Nanang.

Debat pertama akan digelar pada 30 Oktober 2020. Temanya tentang strategi meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Lalu debat kedua, pada 18 November. Tema yang diangkat yaitu strategi memajukan daerah dan menyelesaikan persoalan daerah.

“Terakhir, debat digelar pada 5 Desember atau empat hari sebelum pemungutan suara. Temanya mengenai keselarasan pelaksanaan pembangunan daerah dengan pembangunan nasional,” ujar Nanang.

Baik paslon nomor urut 1, Saifullah Yusuf-Adi Wibowo, maupun paslon nomor urut 2, Raharto Teno Prasetyo-M Hasjim Asjari diberi waktu selama 120 untuk mengikuti debat. “Detilnya, 90 menit waktu digunakan untuk debat. Lalu 30 menit iklan masyarakat,” terangnya.

KPU, lanjut Nanang, juga mempertimbangkan protokol kesehatan dalam kegiatan debat kandidat. Lantaran itu, KPU memastikan pihak yang diundang dalam kegiatan tersebut sangat terbatas. Yakni hanya paslon yang masing-masing didampingi dua orang dari tim pemenangan dan dua orang liaison officer (LO), serta dua orang dari Bawaslu.

Sejauh ini, Nanang mengaku akan menyiapkan beberapa hal untuk mendukung kelancaran debat kandidat. Di antaranya mengenai materi yang dijadikan bahan pertanyaan kepada para paslon. Pihaknya menggandeng tim perumus materi yang terdiri dari empat orang akademisi dan profesional.

“Nah, tim perumus materi ini yang akan merumuskan soal-soal yang ditanyakan kepada paslon sesuai dengan tema pada saat debat,” tandasnya. (tom/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Sopirnya Diduga Ngantuk, Mobil Xenia Tabrak Pohon–Pagar Sekolah

Mobil tiba-tiba mengarah ke kiri, hingga kemudian menabrak dua pohon palm dan mangga. Selanjutnya menabrak pagar sekolah, hingga laju kendaraan seketika itu langsung berhenti.

Debat Publik Perdana Pilwali Pasuruan Usung Tema Kesejahteraan

Dua pasangan calon yang berebut dukungan rakyat Kota Pasuruan berdebat dalam 6 segmen. Total durasi seluruh acara selama 120 menit.

Dua Pohon Tumbang Timpa Motor-Macetkan Jalan di Pasuruan

Pohon tumbang usai diterjang angin kencang.

Salip Kiri, Warga Rembang Tewas Terlindas Truk Gandeng di Rejoso

Korban meregang nyawa saat hendak berangkat kerja.

Dana Kebencanaan Kota Pasuruan Sudah Terserap 70 Persen

Dana kebencanaan yang dimiliki oleh Pemkot Pasuruan tahun ini diyakini mencukupi.