Tes CPNS Pasuruan-Probolinggo, Tak Ada Pelamar Dokter Spesialis

PASURUAN – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) resmi ditutup Senin (15/10) malam. Dari sejumlah formasi, posisi untuk dokter spesialis tidak ada peminatnya. Padahal, kebutuhan dokter spesialis berstatus PNS sangat penting.

Terkait masih kosongnya pelamar dokter spesialis di RSUD Bangil, Sekda Kabupaten Pasuruan Agus Sutiadji mengatakan, tidak bisa berbuat banyak lantaran sampai ditutup, masih belum ada yang mendaftar. Meski begitu, pelayanan medis di RSUD tetap berjalan.

“Ya, karena belum ada pendaftar, ikhtiar kami adalah memanfaatkan dokter yang ada dulu di RSUD Bangil. Salah satu langkah ke depan yakni dengan tugas belajar menjadi dokter spesialis,” jelasnya. Jika ada perekrutan lagi CPNS tahun depan, pemkab tetap berencana membuka lowongan dokter spesialis.

Sementara itu, sampai penutupan pendaftaran, tercatat ada sebanyak 5.739 pendaftar. Dari jumlah tersebut pendaftar terbanyak adalah untuk guru matematika yang mencapai 1.101 pendaftar. Namun, untuk 8 dokter spesialis masih tetap belum ada pelamar sampai ditutup kemarin.

Setelah diumumkan formasi kebutuhan CPNS di Kabupaten Pasuruan pada 19 September lalu. Pendaftaran administrasi sudah dibuka sejak 26 September sampai 15 Oktober lalu. Semua pendaftaran dan pemberkasan secara online.

Iswahyudi, Plt kepala Badan Kepegawaian dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan mengatakan, di hari terakhir pendaftaran tidak ada masalah baik secara akses pendaftar untuk melamar.

“Sehingga sampai 23.59 pada 15 Oktober, sampai malam hari masih ada ratusan pelamar yang masuk. Sehingga, tercatat sampai ditutup sudah ada sebanyak 5.739 pendaftar,” jelasnya. Sampai Selasa (16/07), proses verifikasi berkas masih dilakukan. Verifikasi ini untuk melihat kelengkapan persyaratan yang diunggah oleh pelamar.

Seperti akreditasi program studi, jurusan yang sesuai dengan yang dilamar, sampai syarat STR bagi pendaftar di bidang kesehatan.

Kendati pendaftar cukup banyak mencapai 5.739 pendaftar dari kuota formasi 535 yang dibutuhkan, tercatat sampai ditutup hari Senin, masih tersisa 8 formasi yang belum ada pendaftar sama sekali. Yaitu, yaitu dokter sub spesialis anak, spesialis mata, spesialis penyakit dalam, spesialis THT, spesialis bedah umum, sub spesialis bedah, sub spesialis bedah ahli, dan anastesia ahli.

Sementara itu, Kota Pasuruan belum dapat memastikan jumlah CPNS yang mendaftar. Pemkot mengaku pendaftar CPNS di Kota Pasuruan baru bisa diketahui akhir pekan ini. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) melalui pelaksana tugas (Plt) kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Pasuruan Fendy Krisdiyono mengungkapkan, pendaftaran CPNS resmi ditutup senin (15/10) pukul 24.00. Namun, Pemkot belum dapat memastikan jumlah pendaftar.

Kondisi ini disebabkan server otomatis untuk mengetahui pendaftar di setiap posisi yang ditawarkan mengalami trouble. Karena itu, BKD melakukan sistem rekap pendaftar secara manual. Dan, sampai Selasa (16/10) pihaknya belum selesai melakukan rekap.

“Kami belum dapat memastikan jumlah keseluruhan pendaftar CPNS. Termasuk pendaftar di setiap lowongan. Lowongan mana yang paling diminati maupun lowongan yang tidak ada peminat,” jelasnya.

Di Kota Probolinggo, pelamar untuk dokter juga sepi peminat. “Seperti yang sudah kami perkirakan, 2 formasi CPNS untuk dokter spesialis masih kosong,” ujar Rachmadeta Antariksa, kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo.

“Seperti ijazah pendidikannya sesuai atau tidak dengan yang disyaratkan,” tambahnya. Mantan Kabag Umum Pemkot Probolinggo ini mengungkapkan bahwa pengumuman yang lolos verifikasi akan disampaikan kisaran tanggal 20 Oktober 2018.

BKD Kabupaten Probolinggo mencatat jumlah pendaftar CPNS Pemkab Probolinggo yang telah memasukkan berkas mencapai 4.380 pelamar. Sedikitnya, 295 formasi yang tersedia di Kabupaten Probolinggo. Hingga Selasa (16/10) BKD sedang melakukan verifikasi. Pada tahapan verifikasi tersebut para pendaftar ada yang memenuhi syarat (MS) dan tidak memenuhi syarat (TMS). (eka/riz/mas/rf)